Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Okti desta tri Maharani, Firosalia Kristin

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, peningkatan keaktifan serta hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Ada 2 siklus, terdiri 4 tahap: perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subyek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri Jati Jajar 02 sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen penelitian menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Hasil ini dilihat melalui perbandingan antar siklus yaitu ketuntasan belajar PraSiklus 42%,skor rata-rata 71,3. Siklus I 73%,skor rata-rata naik 76,1%. Siklus II 100%,skor rata-rata 81,3. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan, PraSiklus 15% siswa aktif. Siklus I 73% siswa aktif. Siklus II 81% siswa sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.


Kata Kunci


Hasil Belajar, Keaktifan, Make a Match

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mudjiono, dan Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2015). Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v1i1.998

Article Metrics

Sari view : 340 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.