PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

cahya ayu astuti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick  berbantuan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas IV SD negeri Medayu 01 kecamatan Suruh kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model spiral Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media gambar. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kasikal siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 66,66. Setelah diadakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 71,29 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,62. Ketuntasan hasil belajar siswa pada kondisi awal sebesar 40,75% setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 59,26% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%.


Kata Kunci


Talking Stick, media gambar, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wa.v1i2.999

Article Metrics

Sari view : 98 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.