Upaya meningkatkan motivasi, kreativitas, dan prestasi belajar IPA dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

Ahmad Ridwan, Sumadi Sumadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw,  untuk  meningkatkan motivasi, kreativitas  dan  prestasi belajar IPA-Fisika , apa kelebihan dan kelemahannya, serta bagaimana efektivitasnya yang dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Ngawen Gunungkidul tahun pelajaran 2014/2015.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw secara tepat dapat meningkatkan motivasi, kreativitas, dan prestasi belajar IPA-Fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Ngawen Gunungkidul tahun pelajaran 2014/2015. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terbukti sangat efektif dalam upaya meningkatkan motivasi, kreativitas dan prestasi belajar siswa.

 

Effort increasing motivation, creativity, And learning learning achievement with implementation learning model of jigsaw type cooperative

 

Abstract

This study aims to find out how to  implement jigsaw  type  cooperative learning model to increase student’s motivation, creativity, and science learning achievement, its strengths and weaknesses, as well as its effectiveness when implemented in VIII A class at SMPN 1 Ngawen Gunungkidul academic year 2014/2015.The results  of the research  showed  that applying jigsaw type   cooperative learning model could increase class VIII A students motivation, kreativity and achievement of Science- Physics learning at SMPN 1 Ngawen Gunungkidul academic year 2014/2015. Jigsaw type cooperative learning model was very effective in improving   students motivation, creativity  and achievement.


Keywords


efektivitas; IPA-Fisika; jigsaw

References


Hopkins, D. (2011), Panduan guru penelitian tindakan kelas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Indera Irawan,dkk., Pelajaran bilingual IPA – fisika untuk SMP kelas VIII, Bandung, CV.Yramawidya.

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: University Press UNESA.

Isjoni. (2010). Cooperative learning efektivitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kirkpatrick, D.L. (2005). Evaluating training programs, the four levels (2nded). San Francisco: Berrett Koehler Publisher, Inc.

Muhammad Asrori. (2008). Penelitian tindakan kelas. Bandung: CV wacana Prima.

Nana Sujana, (2013), Penilaian hasil proses belajar mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2005). Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, (2014), Metode penelitian pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, EP. (2013). Evaluasi program pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v5i1.3219

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v5i1.3219.g1906

Article Metrics

Abstract view : 320 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats