Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn

Tri Susmiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKM, mengetahui efektifitasnya dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan tindakan kelas, melibatkan satu guru kelas V dan seluruh siswa kelas V tahun akademik 2016 / 2017 yang berjumlah 28 siswa, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Kuesioner yang digunakan telah dievaluasi validitasnya dengan menggunakan analisis product moment dan reliabilitasnya dengan teknik Cronbach Alpha, semua pertanyaan / pernyataan dalam kuesioner dapat digunakan (berlaku), sedangkan reliabilitasnya dapat diterima dengan baik dengan koefisien cronbach> 0,7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat diterapkan pada pembelajaran kompetensi standar Civics; Pahami pentingnya kesatuan negara kesatuan republik indonesia (NKRI). Hal ini dapat ditunjukkan dengan pergeseran aktivitas dominan guru ke peserta didik, sehingga memberi banyak kebaikan dan kemajuan dalam proses pembelajaran, peserta didik lebih aktif, selalu termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajar mereka. Namun demikian, perlu adanya pembinaan dan supervisi yang baik dari guru sehingga peserta didik akan mengerti posisi mereka sebagai siswa. Sekolah harus selalu mendorong dan memudahkan guru untuk selalu berinovasi dalam belajar, dengan menggunakan metode pendekatan dan model pembelajaran, terutama model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Guru lebih mengenal karakteristik masing-masing pelajar, sehingga pembelajaran lebih berhasil, meningkatkan aktivitas siswa, Selalu memotivasi untuk belajar lebih giat, dan lebih rajin. Dengan demikian, prestasi pesrta juga akan meningkat.

This study aims to improve the motivation and learning achievement of Civics, knowing its effectiveness in improving motivation and achievement of learning Civics .The research was conducted by using classroom action approach, involving one class V teacher and all students of class V of academic year 2016/2017 which was 28 students, data collection technique was done by observation, interview and questionnaire. The questionnaire used has been evaluated its validity by using product moment analysis and its reliability with Cronbach Alpha technique, all question / statement in questionnaire can be used (valid), while its reliability can be received well with cronbach coefficient> 0,7. The result of the research shows that STAD type cooperative learning model can be applied to the learning of competency standard Civics; Understand the importance of the unity of the unitary state of the Indonesian republic (NKRI). This can be demonstrated by the shifting of the dominant activity of the teacher to the learners, thus giving much goodness and progress in the learning process, the learners are more active, always motivated to improve their learning achievement. Nevertheless, there needs to be good guidance and supervision from teachers so that learners will understand their position as students. School should always encourage and facilitate teachers to always innovate in learning, using approach methods and models of learning, especially STAD type cooperative learning model, teachers are more familiar with the characteristics of each learner, so that learning is more successful, increasing student activity, Always motivating to study harder, and more diligent. Thus, the achievement pesrta also will increase.


Keywords


kooperatif tipe STAD; motivasi; prestasi belajar



DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v5i2.3383

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v5i2.3383.g1963

Article Metrics

Abstract view : 23 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats