Pengembangan instrumen pengukuran disiplin untuk siswa sekolah menengah pertama

Kartinah Kartinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mencari guru untuk mengukur nilai disiplin, (2) mengembangkan instrumen disiplin siswa SMP Negeri 40 Purworejo, dan (3) untuk mengukur kedisiplinan siswa SMP Negeri 40 Purworejo, penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (R & D). Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 40 Purworejo sebanyak 154 orang. Analisis yang digunakan adalah validitas isi, validitas konkurensi, validitas konstruk dan reliabilitas instrumen. Pengukuran disiplin pada siswa SMP Negeri 40 Purworejo belum menggunakan instrumen standar, tetapi hanya terbatas pada penilaian formal saja, seperti pemantauan daftar hadir dan daftar pelanggaran yang tercatat dalam bimbingan dan konseling. Setelah menganalisis faktor instrumen terakhir pengembangan instrumen disipliner, siswa terdiri dari 30 item, 15 item faktual, dan 15 butir valensi. Instrumen ini terdiri dari 4 indikator. Uji validitas konkurensi telah dilakukan hasil korelasi data faktual dan valensi yang signifikan (rxy = 0,8169). Analisis reliabilitas menghasilkan indeks keandalan 0,879, nilai disiplin siswa SMP Negeri 40 Purworejo 67,11% termasuk tinggi.

 

The development of measurement instrument of discipline to student of junior high school

 

Abstract

This aims of research are (1) to find teacher to measure discipline value, (2) to develop measurement of discipline instrument of SMP Negeri 40 Purworejo student’s, and (3) to measure the discipline of SMP Negeri 40 Purworejo student’s, This type of research includes research and development (R & D). The subjects of the study were students of SMP Negeri 40 Purworejo as many as 154 people. The analysis used is content validity, concurrency validity, construct validity and instrument reliability. The measurement of discipline in students of SMP Negeri 40 Purworejo has not used standard instruments, but only limited to formal assessment only, such as monitoring of attendance list and list of violations recorded in guidance and counseling. After analyzing the final instrument factor of disciplinary instrument development, students consist of 30 items, 15 factual items, and 15 valence grains. The instrument consists of 4 indicators. The concurrency validity test has been done the result of significant factual and valence data correlation (rxy = 0,8169). Reliability analysis yields reliability index of 0.879, Student discipline value SMP Negeri 40 Purworejo 67,11% including high.


Keywords


pengembangan; instrumen; disiplin; development; instrument; discipline

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (2001). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Direktorat Pembinaan SMP. (2010). Juknis penyusunan perangkat penilaian afektif di SMP

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, 2013, Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama

Kementrian Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, 2010, Pembelajaran Kontekstual dalam Membangun Karakter Peserta didik

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Rahayu, A. (2017). Pengembangan instrumen pengukuran nilai kedisiplinan siswa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2). doi:http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i2.3373

Setiawan, A. (2017). Pengembangan instrumen penilaian sikap sosial siswa pada pembelajaran tematik sekolah dasar. Disertasi. Universitas Negeri Yogyakarta

Waruwu, L., & Supriyoko, S. (2017). Pengembangan instrumen pengukuran kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 90-96. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i1.3294




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3387

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3387.g1969

Article Metrics

Abstract view : 346 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats