Pengembangan instrumen pengukuran toleransi pada mahasiswa sekolah menengah pertama

Punjul Supriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mengukur toleransi, mengembangkan instrumen toleransi dan mengukur kecenderungan toleransi siswa SMP Negeri 40 Purworejo. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R & D). Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 40 Purworejo sebanyak 152 orang. Analisis yang digunakan adalah validitas isi, validitas konkurensi, validitas konstruk dan reliabilitas instrumen. Pengukuran nilai toleransi pada siswa SMP Negeri 40 Purworejo belum menggunakan instrumen standar, tetapi hanya sebatas penilaian formal saja. Setelah menganalisa faktor instrumen terakhir, menemukan instrumen pengembangan toleransi siswa terdiri dari 41 item, yaitu 20 item faktual dan 21 butir valensi. Instrumen terdiri dari 8 indikator total varian beban faktor instrumen akhir yang dapat menjelaskan varian toleransi kumulatif dari 8 faktor sebesar 70.150%. Hasil uji validitas konkurensi memperoleh korelasi data faktual dan valensi yang signifikan (rxy = 0,829). Analisis keandalan menghasilkan indeks keandalan 0,866, menunjukkan instrumen memiliki tingkat keandalan yang tinggi

 

The development of measurement instruments of tolerance to students of junior high

 

Abstract

This study aims to find out how the teacher to measure tolerance, develop the instrument of tolerance and measure the tendency of tolerance of students SMP Negeri 40 Purworejo. This kind of research includes research and development (R & D). The subjects of the study were students of SMP Negeri 40 Purworejo as many as 152 people. The analysis used is content validity, concurrency validity, construct validity and instrument reliability. Measurement of tolerance value in the students of SMP Negeri 40 Purworejo has not used a standard instrument, but only limited to formal assessment only. After analyzing the final instrument factor, find the instrument development of students' tolerance consists of 41 items, namely 20 factual items and 21 grains of valence. The instrument consists of 8 indicators total variants of the final instrument factor load can explain the cumulative tolerance variant of the 8 factors by 70.150%. Result of concurrency validity test obtained significant factual and valence data correlation (rxy = 0,829). Reliability analysis yields a reliability index of 0.866, indicating the instrument has a high degree of reliability.


Keywords


development; instrument; tolerance value

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Iriany, I. S. (2017). Pendidikan karakter sebagai upaya revitalisasi jati diri bangsa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 54-85.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. (2013). Model penilaian pencapaian kompetensi peserta didik sekolah menengah pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Khalikin, A., & Fathuri, (2016). Toleransi beragama di daerah rawan konflik. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia

Parera, M., & Eta, M. A. (2016). Implementasi pendidikan karakter bagi anak jalanan di Griya Baca Kota Malang. (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003). Indonesia.

Saptono, M. P. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter, wawasan, strategi, dan langkah praktis. Salatiga: Esensi Erlangga Group

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung

Wulandari, D., & Suwarno, M. P. (2018). Pelaksanaan pendidikan berbasis Al-Qur’an dalam pencapaian karakter peserta didik di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Tahun Ajaran 2017/2018. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3390

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3390.g1972

Article Metrics

Abstract view : 216 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats