Pembelajaran STAD meningkatkan motivasi dan prestasi belajar memprogram mesin CNC

Raden Sugeng Heru Prayitna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan prestasi pada programming CNC (Computer Numerically Controlled) machine. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, yang melibatkan satu kelas siswa kelas XII Ma pada tahun akademik 2016/2017, yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengevaluasi validitas dan reliabilitas menggunakan momen produk. Hasil dua siklus menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD (Students Team-Achiement Division) dapat diterapkan pada pembelajaran praktik di programming CNC machines. Dan ada peningkatan dalam pencapaian nilai kelulusan (KKM) sebanyak 31 siswa. karena memenuhi kriteria untuk keberhasilan yaitu 80% lebih siswa telah mencapai nilai kelulusan (KKM) 75 sebesar 96,8% dan peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra-siklus adalah 74,87. naik ke kelas rata-rata 81,72 di siklus II.

 

Learning STAD increase motivation and achievement students programming machine CNC

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation and achievement on Programming CNC (Computer Numerically Controlled) Machine. The research was carried out by means of a classroom action research approach, involving one class of students of class XII Ma in the academic year 2016/2017, amounting to 32 students. Techniques of collecting data were done by test, observation, interview, and questionnaire. The questionnaire used to evaluate the validity and reliability using product moment. The results of two cycles showed that STAD (Students Team-Achiement Division) cooperative learning model can be applied to practical learning on Programming CNC Machines. And there is an improvement in achievement of the passing grade (KKM) of 31 students. because it meets the criteria for success that is 80% more of students has reached the passing grade (KKM) 75 equal to 96,8% and the increase of class average value from pre-cycle is 74,87. it rises to class average 81,72 in cycle II.


Keywords


kooperatif tipe STAD; motivasi belajar; prestasi belajar; mesin CNC

References


Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Djaali, H., & Muljono, P. (2007). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Gramedia Indonesia.

Kemmis, S., & Taggart, M. (2002). The action research planner. Victoria: Deakin University Press.

Megasari, R. (2014). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636-648.

Neolaka, F., Manggoa, M., & Nenotek, S. A. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kupang Tengah Kabupaten Kupang tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2010-2015.

Nurdiana, Y. I. (2015). Studi komparasi implementasi Kurikulum 2013 di kelas X antara Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Taman Sidoarjo dengan Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo (Doctoral Dissertation, UIN Sunan Ampel).

Sila, I. M. (2014). Rasinalisasi pengembangan kurikulum dan penyempurnaan pola pikir pembelajaran. Widya Accarya, 3(1).

Sowell (Depdiknas). (2005). Panduan pengembangan model pembelajaran berbasis kompeten. Jakarta: Dir. PPTK dan KPT Dirjen Dikti

Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, A. (2015). Cooperative learning (Edisi Revisi). Yogyakarta: Pustaka Belajar




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3391

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3391.g1973

Article Metrics

Abstract view : 56 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats