Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah

Siti Nuroniyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengukuran sikap tanggung jawab siswa, (2) menghasilkan instrumen baku pengukuran sikap tanggung jawab siswa, (3) mengetahui kecenderungan sikap tanggung jawab siswa MAN 3 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan instrumen nontes dengan metode Research and Developmet berdasarkan model Sugiyono yang dimodifikasi.Dari 52 butir instrumen diujicobakan pada28 siswa MAN 3 Bantuldikelompokkan menjadi 26 butir valensi dan 26 butir faktual.Uji validitas butir menghasilkan 42 butir valid dan reliabel.Dari 42 butir valid diujicobakan pada 216 siswa MAN 3 Bantul dan uji validitas kontruk menggunakan analisis faktor.Hasil uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor menunjukkan bahwa 41 butir instrumen pengukuran sikap tanggung jawab dinyatakan valid yang terdiri dari 22 butir faktual dan 19 butir valensi yang tersebar kedalam 6 indikator serta diperoleh adanya 11 faktor.Dengan analisis faktor dihasilkan KMO sebesar 0.809 dan reliabilitas dengan Cronbach Alpha sebesar 0.897.Semua indikator mempunyai butir valid sehingga validitas isi terpenuhi. Berdasarkan hasil koefisien korelasi rxy = 0.464 pada taraf signifikansi 0.000 maka validitas konkuren telah memenuhi syarat. Kecenderungan sikap tanggung jawab siswa MAN 3 Bantul pada kategori tinggi sebesar 58,34%.

 

Development of measurement instrument on students’ responsibility attitude of madrasah aliyah

 

Abstract

The purposes of this research are: (1) to know the measurement of students’ responsibility attitude, (2) to produce a standardized measurement instrument of students’ responsibility attitude, (3) to know the trend of students’ responsibility attitude instrumen MAN 3 Bantul. This research is research instrument development on non-test with the research and development based on the Sugiyono development model. From 52 items of instrument tried out to 28 State Islamic Senior High School (MAN) Student 3 of Bantulwhich were grouped into 26 valence items and 26 factual items. The item validity testing produce result 42 items valid and reliabel. From 42 items of instrument tried out to 216 State Islamic Senior High School (MAN) Student 3 of Bantul and was using construct validity test with factor analysis. Based on the reliability test results of 41 valid items from the result of factor analysis, consisting of 22 items for valence statements and 19 items for factual statements which was spreading into 6 indicators as well as obtaining 11 factors. The result of factor analysis KMO at 0.809 and the reliability coefficient or Croanbach's Alpha was 0.897.the content validity had been achieved whilethe requirement of concurrency validity had alsobeen fulfilledwhere the correlation coefficient rxy = 0.464 at the level of significance of 0.000. The tendency of responsibility attitude among the students of MAN 3 Bantul was categorized high at 58.34%.


Keywords


validitas konstruk; analisis faktor; sikap tanggung jawab siswa

References


Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lickona, T. (2015). Educating for character mendidik untuk membentuk karakter. (Diterjemahkan oleh Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Santoso, S. (2015). Menguasai statistik multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Setyosari, P. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Jakarta: Prenadamedia group.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E.P. (2017). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. (2013). Desain pendidikan karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392.g1974

Article Metrics

Abstract view : 378 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 292 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats