Pengembangan instrumen pengukuran nilai kerja sama siswa

Teguh Yuli Fitrianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) menyusun instrumen pengukuran nilai kerjasama, (2) untuk mengetahui indikator nilai kerjasama, (3) untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen nilai kerjasama, dan ( 4) untuk mengetahui nilai kerjasama siswa SMP Negeri 10 Purworejo. Prosedur pengembangan: (1) validasi ahli, (2) revisi I, (3) uji keterbacaan, (4) revisi II, (5) uji coba agak luas, (6) revisi III, (7)) implementasi instrumen. Analisis dilakukan: (1) validitas butir, (2) reliabilitas instrumen, dan (3) validitas konstruk. Hasil dari penelitian ini adalah Instrumen Pengukuran Nilai Kerjasama untuk Siswa SMP yang telah memenuhi validitas konten, butir dan konstruk. Hasil penelitian: (1) instrumen akhir terdiri dari 10 indikator yang terdiri dari 29 item yang valid, (2) koefisien reliabilitas instrumen akhir sebesar 0,710, (3) analisis deskriptif hasil penerapan instrumen menunjukkan bahwa nilai kerjasama antar siswa SMP Negeri 10 Purworejo termasuk kategori tinggi.

 

The development of the instrument of measurenment the value of student cooperation

 

Abstract

The objectives of this research are: (1) to compile the instrument of measuring the value of cooperation, (2) to know the value indicators of cooperation, (3) to know the validity and reliability of the instrument of cooperation value, and (4) to know the value of the cooperation of the students of SMP Negeri 10 Purworejo. Procedure of development: (1) expert validation, (2) revision I, (3) test legibility, (4) revision II, (5) trial rather broad, (6) revision III, (7) ) instrument implementation. Analysis performed: (1) grain validity, (2) instrument reliability, and (3) construct validity. The result of the research is a Measurement Instrument of Value of Cooperation for Junior High School Students who have fulfilled the validity of content, grain and construct. Result of research: (1) final instrument consists of 10 indicators consisting of 29 valid items, (2) the final instrument reliability coefficient of 0.710, (3) descriptive analysis of the result of instrument implementation showed that the value of cooperation among students of SMP Negeri 10 Purworejo included high category.


Keywords


instrument pengukuran; nilai koperasi; prosedur pengembangan; measurement instrument; value of cooperation; development procedure

References


Djaali & Muljono. (2007). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo

Haryanto, S. (1994). Pengantar teori pengukuran kepribadian. Surakarta. Sebelas Maret University Press

Huda, M. (2011). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Lie, A. (2005). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Noor, J. (2012). Metodologi penelitian. Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Soekanto, S. (2006). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tohirin. (2006). Bimbingan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Warsono, H., & Hariyanto, S. (2012). Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3395

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3395.g1977

Article Metrics

Abstract view : 291 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats