Pengembangan instrumen pengukuran kemandirian siswa sekolah menengah pertama

Wiyono Wiyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) menyusun instrumen pengukuran kemandirian, (2) untuk mengetahui nilai indikator independensi, (3) untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen independensi, dan (4) untuk mengetahui kemandirian siswa SMP Negeri 40 Purworejo. Prosedur pengembangan: (1) validasi ahli, (2) revisi I, (3) uji keterbacaan, (4) revisi II, (5) uji coba agak luas, (6) revisi III, (7)) implementasi instrumen. Analisis dilakukan: (1) validitas butir, (2) reliabilitas instrumen, dan (3) validitas konstruk. Hasil penelitian adalah Instrumen Pengukuran Kemandirian Siswa SMP yang telah memenuhi validitas isi, butir dan konstruk. Hasil penelitian: (1) instrumen akhir terdiri dari 10 indikator yang terdiri dari 29 item yang valid, (2) koefisien reliabilitas instrumen akhir sebesar 0,902, (3) analisis deskriptif hasil penerapan instrumen menunjukkan bahwa independensi pada siswa SMP Negeri 40 Purworejo termasuk kategori tinggi.

 

Developing the measurenment instrument of independence of junior high school students

 

Abstract

The objectives of this research are: (1) to compile the instrument of measuring of independence, (2) to know the value indicators of independence, (3) to know the validity and reliability of the instrument of independence, and (4) to know the independence of the students of SMP Negeri 40 Purworejo. Procedure of development: (1) expert validation, (2) revision I, (3) test legibility, (4) revision II, (5) trial rather broad, (6) revision III, (7) ) instrument implementation. Analysis performed: (1) grain validity, (2) instrument reliability, and (3) construct validity. The result of the research is a Measurement Instrument of independence for Junior High School Students who have fulfilled the validity of content, grain and construct. The result of research: (1) final instrument consists of 10 indicators consisting of 29 valid items, (2) the final instrument reliability coefficient of 0.902, (3) descriptive analysis of the result of instrument implementation showed that the independence among students of SMP Negeri 40 Purworejo included the high category.


Keywords


Instrumen Developimg; Kemandirian; developing instrument; independence

References


Aryani, D. T. (2013). Peran guru dalam menumbuhkan kepedulian anak usia 5-6 tahun di TK Angkasa Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(10).

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Haryanto, S. (1994). Pengantar teori pengukuran kepribadian. Surakarta. Sebelas Maret University Press

Huda, M. (2011). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mardapi, D. (2004). Pedoman umum pengembangan silabus. Jakarta: Depdiknas

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset

Noor, J. (2012). Metodologi penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Setiawan, A. (2017), Pengembangan instrumen penilaian sikap sosial siswa pada pembelajaran tematik sekolah dasar. Disertasi. Universitas Negeri Yogyakarta:

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi kurikulum pendidikan karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Tohirin. (2006). Bimbingan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yamin, M., & Ansari, B. I. (2008). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa. Jakarta: Gaung persada pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3398

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3398.g1980

Article Metrics

Abstract view : 222 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats