Kontribusi fasilitas studi rumah, pembelajaran motivasi dan pendidikan orang tua pada hasil belajar siswa matematika sekolah menengah

Yekti Hermawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi motivasi belajar, dan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa SMP 40 baik secara bersama-sama maupun perorangan. Jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kontribusi fasilitas belajar, motivasi belajar, dan pendidikan orang tua, terhadap hasil belajar matematika siswa. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan ada kontribusi fasilitas pembelajaran di rumah terhadap hasil belajar matematika siswa. Pengujian hipotesis ketiga menunjukkan ada kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pengujian hipotesis keempat menunjukkan ada kontribusi pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa.

 

The contribution of home study facility, motivation learning and parent education on students learning outcomes of mathematics of junior high school

 

Abstract

This study aims to determine the contribution of learning motivation, and parent education to the results of learning mathematics students junior high school 40 either jointly or individually. Type of correlational quantitative research. The population of the study was students of class VII SMP Negeri 40 Purworejo. Data collection techniques used questionnaires and tests. Data analysis used multiple regression analysis. The result of the research shows that there is the contribution of learning facilities, learning motivation, and parent education, to the result of learning the mathematics of students. Testing the second hypothesis shows there is a contribution of learning facilities at home to the results of learning mathematics students. Testing the third hypothesis shows there is a contribution of learning motivation to the results of learning mathematics students. Testing the fourth hypothesis shows there is a contribution of parent education to the results of learning mathematics students.


Keywords


fasilitas; motivasi belajar; pendidikan orang tua; hasil belajar

References


Brooks, J. (2011). The process of parenting. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 3(1).

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mas, S. R. (2011). Partisipasi masyarakat dan orang tua dalam penyelengaraan pendidikan. El-Hikmah, 8(2).

Ningrum, E. S. C. (2010). Memaksimalkan peran humas di lembaga pendidikan anak usia dini. FONDASIA, 2(10).

Rochanah, R. (2017). Peranan keluarga sekolah dan masyarakat dalam menunjang pembelajaran yang efektif. Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Rosyida, F. (2014). Pengaruh kebiasaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi siswa sman 1 widang-tuban. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Setiyaningsih, A. (2013). Hubungan antara minat masuk jurusan diii kebidanan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto, 4(01).

Siagian, S. P. (2018). Teori motivasi dan aplikasinya. Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Yuliani, P. (2014). Pengaruh fasilitas belajar, pengelolaan kelas, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar siswa Kelas XI MA AL-Asror Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3399

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3399.g1981

Article Metrics

Abstract view : 112 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats