Meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika metode think, pair, share materi SPLTV pada siswa masrasah aliyah

Wahib Subkhi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menerapkan model TPS (thing, pair, share) untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kurt Lewin dengan dua siklus dengan pendekatan kualitatif. Metode TPS berhasil (1) meningkatnya minat belajar siswa tercermin dari naiknya minat belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2; (2) Meningkatkan prestasi belajar yang tercermin dari naiknya persentase nilai siswa dengan nilai yang melampoi KKM dari siklus 1 ke siklus 2; (3) memiliki efektifitas yang baik diukur dengan metode evaluasi Kirkpatrick Kirkpatrick. Dengan demikian, metode TPS dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan SPLTV.

 

Increasing the interest and achievement of learning mathematics method think, pair, share SPLTV material at madrasah aliyah student

 

Abstract

This study aims to apply the TPS (thing, pair, share) model to increase interest and learning achievement on the subject of Three Variable Linear Equation System. The method used is Kurt Lewin class action research with two cycles with qualitative approach. The method of TPS succeeds (1) the increased interest in student learning is reflected in the increase of student learning interest from cycle 1 to cycle 2. (2) Increase learning achievement as reflected by the increase of the percentage of students' scores with the value of KKM from cycle 1 to cycle 2. (3) has a good effectiveness measured by Kirkpatrick's evaluation method. Thus, the TPS method can increase students' interest and achievement on the subject of SPLTV.


Keywords


TPS; minat; prestasi belajar matematika

References


Arikunto, S. (2008). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2002). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Direktorat Pembinaan SMA. (2014). Pembelajaran mata pelajaran matematika melalui pendekatan Saintifik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hamalik, O. (2005). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hawadi, R.A. (2004). Akselerasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Kompri. (2015). Manajemen penilaian pendidikan, komponen-komponen elementer kemajuan sekolah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, R. E. (2005). Cooperative learning: Theory, research, andpractice. Englewood Cliffs, NJ: Pren-tice-Hall.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif (konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Umiarso & Gojali, I. (2010). Manajemen mutu sekolah di era otonomi pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3400

DOI (FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.30738/wd.v6i2.3400.g1982

Article Metrics

Abstract view : 127 times
FULLTEXT PDF (Bahasa Indonesia) - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.

 

Wiyata Dharma Stats