Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dengan Model Blendeed POE2WE Berbasis Augmented Reality Pada Materi Induksi Elektromagnetik: Literature Review

Authors

  • Imiftah Nurnazarudin Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Nana Nana Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Dwi Sulistyaningsih Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis pemahaman konsep siswa dengan model blended POE2WE berbasis augmented reality pada meteri induksi elektrimagnetik. Penelitian ini dilatar belakangi karena masih kurangnya pemahaman konsep fisika khususnya dalam materi induksi elektromagnetik dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran sehingga dapat menurunkan proses pemahaman konsep siswa. Oleh karena itu harus sebuah gagasan dan inovasi dalam proses pembelajaran khususnya dalam materi induksi elektromagnetik  yaitu dengan cara menggunakan media pembelajaran augmented reality. Adapun metode penelitian yang yaitu studi kepustakaan dengan mengkaji beberapa literature sebelumnya pada topik yang sama untuk dianalisis dan dibuat kesimpulan. Hasilpenulisaninimenunjukkanbahwa Pemahaman konsep siswa dengan model blended POE2WE berbasis augmented reality sebagai inovasi pembelajaran dapat menjadi solusi dari permasalah yang ditemui ketika proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep pada siswa.

References

N. Nana & E. Surahman. “Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0â€. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) Vol. 4, pp. 82-90, 2019.

Deni Moh Budiman, “Penerapan Pendidikan Teknologi Dasar Pada Pembelajaran Fisika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa,†Gravity, Vol. 2 No. 2 2016.

I. Hikmayanti, S. Saehana. & Muslimin. “Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Kelas VII MTs Bouâ€. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, Vol. 3, no.3, hal. 58-61, 2015.

W. J. Santrock. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua (Alih bahasa: Tribowo B.S). Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Nana dan H. Pramono, “Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry,†Diffractio, vol. 1, vo. 1, 2019.

Setiawan, A. B., & Nugraha, A. C. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pengenalan Komponen Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(5).

Rusdiana A, Sulhan M, Arifin IZ, Kamludin UA. Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic COVID-19. Karya Tulis Ilm UIN Bandung 2020. 2020;1–10.

J. Bersin. The Blended Learning Book. San Fransisco: Pfeiffer, 2004.

Nana. “Pengembangan Model Pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, and Evaluating (POE2WE) dalam Pembelajaran Fisika SMAâ€. Universitas Sebelas Maret, 2016.

I. nurnazarudin, “penerapan model blended POE2WE menggunakan google class room sebagai inovasi pembelajaran fisikaâ€, 2019

Y.S. Makiyah., A. Malik., E. Susanti., & I. R. Mahmudah. “Higher Order Thinking Real and Virtual Laboratory (HOTRVL) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Mahasiswa Pendidikan Fisikaâ€. DIFFRACTION, vol.1, no.1, 2019.

H. B. Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

E. Yulianti., & I. Gunawan. “Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritisâ€. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, vol.2, no.3, hal.399-408, 2019.

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Nurnazarudin, I., Nana, N., & Sulistyaningsih, D. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dengan Model Blendeed POE2WE Berbasis Augmented Reality Pada Materi Induksi Elektromagnetik: Literature Review. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10464

Citation Check