Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10465Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menguraikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran fisika. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu studi kepustakaan (Library Research), dimana studi kepustakaan ini adalah kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari buku, jurnal ilmiah, literatur-literatur, dan publikasi lainnya yang layak dijadikan sumber penelitian penulis dengan cara mendeskripsikan & menguraikan data tersebut melalui pendapat para ahli. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning mengalami peningkatan, baik itu hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotorik, maupun keterampilan bagi setiap siswa.
References
Fitri, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(2).
Furoidah, A. Z., Indrawati, I., & Subiki, S. (2017). Implementasi Model Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Siswa dalam Pembelajaran Fisika Siswa di SMA. Jurnal pembelajaran fisika, 6(3), 293-299.
Kusuma, T. A., & Harijanto, A. (2015). Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Dalam Pembelajaran Fisika Di MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4).
Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1308-1314.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1)..
Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.
Rohim, F., & Susanto, H. (2012). Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Rudyanto, H. E. (2016). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright in this website and the material on this website (including without limitation the text, computer code, artwork, photographs, images, music, audio material, video material and audio-visual material on this website) is owned by Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika and its licensors.
All articles published by Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.