Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Fisika

Authors

  • Rudi Haryadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Indonesia), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menguraikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran fisika. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu studi kepustakaan (Library Research), dimana studi kepustakaan ini adalah kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari buku, jurnal ilmiah, literatur-literatur, dan publikasi lainnya yang layak dijadikan sumber penelitian penulis dengan cara mendeskripsikan & menguraikan data tersebut melalui pendapat para ahli. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning mengalami peningkatan, baik itu hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotorik, maupun keterampilan bagi setiap siswa.

References

Fitri, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(2).

Furoidah, A. Z., Indrawati, I., & Subiki, S. (2017). Implementasi Model Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Siswa dalam Pembelajaran Fisika Siswa di SMA. Jurnal pembelajaran fisika, 6(3), 293-299.

Kusuma, T. A., & Harijanto, A. (2015). Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Dalam Pembelajaran Fisika Di MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4).

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1308-1314.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1)..

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.

Rohim, F., & Susanto, H. (2012). Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Rudyanto, H. E. (2016). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(01).

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Haryadi, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Fisika. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 9–16. https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10465

Citation Check