Pengaruh model Problem Based Learning Berbantuan Software Tracker Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Gerak Lurus Di SMA Negeri 1 Belimbing
DOI:
https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10466Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ada atau tidak pengaruh model problem based learning berbantuan software tracker terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Belimbing. Metode yang digunakan Quasi Experimental Design dengan Posttest Only Control Group Design. Variabel penelitian terdiri variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah dan variabel perlakuan adalah model Problem based learning berbantuan software tracker. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Belimbing berjumlah 107 siswa. Teknik yang digunakan Random Sampling dalam menentukan sampel dengan jumlah 71 siswa terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen X IPA 2 yang berjumlah 36 siswa yang diberikan perlakuan model Problem Based Learning berbantuan software tracker dan kelas kontrol X IPA 3 dengan jumlah 35 siswa menggunakan model problem based learning. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes essay dengan jumlah 5 soal. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji-t pihak kanan taraf signifikan α = 0,05 didapat t-hitung sebesar 6,63 dan t-tabel sebesar 1,67. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data artinya ada pengaruh signifikan dalam penggunaan model Problem based learning berbantuan software tracker terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gerak lurus di SMA Negeri 1 Belimbing .References
Fathurrohman, M, “Model Pembelajaran Inovatif,†jogyakarta, 2015.
Haryono. Suyono, “Belajar dan Pembelajaran,†Surabaya 2017.
Ratnaningdyah,Dwi, “Penerapan Model Pembelajaran Novick dipadukan dengan Strategi Cooperative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA,†Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, vol.2 pp.63-67, 2017.
Sudjana, “Metoda Statitiska,†Bandung, 2013.
Sugyono, “Metode Penlitian Pendidikan,†Bandung. 2018.
Yulkifli; Ramli, “The Use of Tracker Application to Enchance Physics Teachers in Senior High School in Making Laboratory Video,†pp. 31–36, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright in this website and the material on this website (including without limitation the text, computer code, artwork, photographs, images, music, audio material, video material and audio-visual material on this website) is owned by Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika and its licensors.
All articles published by Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.