Analisis Kemampuan Multirepresentasi (Verbal dan Matematis) Mahasiswa Fisika Tentang Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Authors

  • Fatma Intania Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Jember Kampus Tegalboto, Jalan Kalimantan No. 37, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121, Indonesia, Indonesia
  • Sudarti Sudarti Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Jember Kampus Tegalboto, Jalan Kalimantan No. 37, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya multirepresentasi pada materi spektrum gelombang elektromagnetik di kalangan mahasiswa. Jenis representasi yang digunakan yaitu representasi verbal dan representasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa pemberian  soal secara online melalui google form. Pada instrumen tes yang telah diberikan kepada 40 orang mahasiswa Fisika FMIPA Universitas Jember dengan jumlah 8 soal pilihan ganda didapatkan hasil kemampuan tertinggi pada soal representasi verbal sebesar 74,4%. Adapun soal dengan jawaban benar tertinggi yaitu pada kategori soal representasi verbal nomor 3 sebesar 72,5% dan terendah pada kategori soal representasi matematis sebesar 52,5%.

References

Andromeda, B., Djudin, T., & Haratua, T. M. S. (2017). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Konsep-Konsep Gaya Di Kelas X Sma Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(10), 1–16.

Arifiyanti, F., Djudin, T., & TMS, H. (2013). Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Multirepresentasi Pada Usaha Dan Energi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(10).

Fitriyah, N., Harijanto, A., & Sudarti. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik pada Siswa SMA Kelas XII di Kabupaten Bondowoso. Penerapan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Visual Matematis Siswa SMP, 3(2), 227–234.

Harun, M., Sutopo, & Kusairi, S. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Siswa pada Pokok Bahasan Fluida. In Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM (pp. 361–364).

Irwandani. (2014). Multi Representasi sebagai Alternatif Pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 3(1), 1–10.

Kohl, P. B., Rosengrant, D., & Finkelstein, N. D. (2007). Strongly and Weakly Directed Approaches to Teaching Multiple Representation Use in Physics. 3(1).

Utami, L. S., Wayan, N., & Darmayanti, S. (2019). Pemahaman Konsep Mahasiswa Fisika Materi Gelombang Dan Optik Tahun Akademik 2018 / 2019. 5, 53–58.

Van Heuvelen, A., dan Xueli, Zou. (2001). Multiple Representations of Work-Energy Processes. Americans Journal of Physics. 69 (2): 184-194.

Waldrip, B., Prain, V., & Carolan, J. (2014). earning Junior Secondary Science through Multi-Modal Representations. July.

Yusup, M. (2009). Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unsri, 1–7.

Zacharia, Z., dan Anderson, O. R. (2003). The Effect of An Interactive Computer-Based Simulation Prior to Performing A Laboratory Inquiry Based Experiment on Students’ Conceptual Understanding of Physics. Americans Journal of Physics. 71 (6): 618-629.

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Intania, F., & Sudarti, S. (2021). Analisis Kemampuan Multirepresentasi (Verbal dan Matematis) Mahasiswa Fisika Tentang Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 21–27. https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10467

Citation Check