Pengembangan E-LKPD Fisika dengan Model Project Based Learning pada Materi Rangkaian Listrik Arus Searah untuk Peserta Didik Kelas XII di SMA Negeri 1 Sedayu

Authors

  • Maria Fransiska Tunga Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yosaphat Sumardi Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Daimul Hasanah Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10469

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap E-LKPD Fisika dengan model project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada pengembangan menurut Sugiyono. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji validitas dan realibilitas instrumen dan analisis statistika deskriptif. Berdasarkan hasil analisis penilaian kelayakan diketahui bahwa persentase rata-rata keseluruhan adalah 87% dan menurut tabel kriteria analisis statistika deskriptif, termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik†dan hasil analisis respon peserta didik terhadap E-LKPD Fisika tersebut menunjukkan bahwa persentase rata-rata keseluruhan adalah 80% dan menurut tabel kriteria analisis statistika deskriptif termasuk ke dalam kategori “Baikâ€. Berdasarkan kriteria persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa E-LKPD ini dapat dinyatakan layak dan berkualitas sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar fisika pada materi rangkaian listrik arus searah di SMA

References

W. Sanjaya, Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran, Edisi Pert. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

R. A. Sani, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

R. Amini, B. Setiawan, Y. Fitria, and Y. Ningsih, “The difference of students learning outcomes using the project-based learning and problem-based learning model in terms of self-efficacy,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1387, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1387/1/012082.

Meredith D. Gall, W. R. Borg, and Joyce P. Gall-, Educational Research An Introduction (7th Edition). Allyn & Bacon.

Rochmad, “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika,†Kreano J. Mat. Kreat., vol. 3, no. 1, pp. 59–72, 2012, doi: 10.15294/kreano.v3i1.2613.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.

L. Ding, R. Chabay, B. Sherwood, and R. Beichner, “Evaluating an electricity and magnetism assessment tool: Brief electricity and magnetism assessment,†Phys. Rev. Spec. Top. - Phys. Educ. Res., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2006, doi: 10.1103/PhysRevSTPER.2.010105.

A. Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2017.

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Tunga, M. F., Sumardi, Y., & Hasanah, D. (2021). Pengembangan E-LKPD Fisika dengan Model Project Based Learning pada Materi Rangkaian Listrik Arus Searah untuk Peserta Didik Kelas XII di SMA Negeri 1 Sedayu. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 34–41. https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10469