PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Authors

  • Hafitriani Rahayu Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, DIY, Indonesia 55281
  • Joko Purwanto Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, DIY, Indonesia 55281
  • Daimul Hasanah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v4i1.1384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi kelas XI IPA MAN LAB UIN Yogyarta. Tes berupa soal pretest dan soal posttest digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa tendensi sentral, ukuran dispersi serta Normalized Gain(N-Gain). Hasil analisa data menunjukkan nilai rata-rata skor posttest adalah 15,18 > rata-rata skor pretestyaitu4,64, serta standar deviasi skor posttestadalah 4,64> nilai standar deviasi skor pretestyaitu3,16. Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dilihat dari skor N-gain, yaitu 0,359 dan memasuki kategori sedang. Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran  PjBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Published

2017-07-21

How to Cite

Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1). https://doi.org/10.30738/cjipf.v4i1.1384

Issue

Section

Artikel

Citation Check