Pengembangan E-Modul Fisika Materi Gelombang dan Bunyi berbasis Local Wisdom Alat Musik Gamelan pada Mata kuliah Fisika Dasar

Authors

  • Sony Yunior Erlangga Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Susanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • ayu fitri amalia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i1.14154

Keywords:

Modul Fisika, kearifan lokal, validitas, efektifitas

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Modul Fisika Berdasarkan Kearifan Lokal Gamelan tentang Gelombang dan Bunyi. Produk ini akan diimplementasikan ke kelas setelah melalui penilaian ahli. Modul fisika Berbasis Kearifan Lokal Gamelan merupakan produk yang terintegrasi dengan kearifan lokal Gamelan. Produk ini dirancang untuk menggabungkan kearifan lokal dengan konsep fisika, sehingga siswa dapat memahami lingkungan sekitar secara ilmiah. Dengan demikian, siswa dapat menerapkan konsep sains yang diterima di universitas dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D. Hasil validasi di review memperoleh skor V’Aiken 1 maka dapat dikatakan produk valid. Dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi persyaratan kelayakan sebagai bahan ajar.

References

M. Planinic, W. J. Boone, A. Susac, and L. Ivanjek, “Rasch analysis in physics education research: Why measurement matters,” Phys. Rev. Phys. Educ. Res., vol. 15, no. 2, p. 20111, 2019, doi: 10.1103/PhysRevPhysEducRes.15.020111. DOI: https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.15.020111

D. Darmaji, D. A. Kurniawan, and I. Irdianti, “Physics education students’ science process skills,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 8, no. 2, pp. 293–298, 2019, doi: 10.11591/ijere.v8i2.28646. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16401

L. Bao and K. Koenig, “Physics education research for 21st century learning,” Discip. Interdiscip. Sci. Educ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2019, doi: 10.1186/s43031-019-0007-8. DOI: https://doi.org/10.1186/s43031-019-0007-8

H. Sa’diah, K. Karim, and Y. Suryaningsih, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Matematika SMP,” J. Math. Sci. Comput. Educ., vol. 1, no. 2, p. 54, 2021, doi: 10.20527/jmscedu.v1i2.4097. DOI: https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4097

F. A. Almuharomah, T. Mayasari, and E. Kurniadi, “Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal ‘Beduk’ untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP,” Berk. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.20527/bipf.v7i1.5630. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630

G. V. Madhuri, V. S. S. N. Kantamreddi, and L. N. S. Prakash Goteti, “Promoting higher order thinking skills using inquiry-based learning,” Eur. J. Eng. Educ., vol. 37, no. 2, pp. 117–123, 2012, doi: 10.1080/03043797.2012.661701. DOI: https://doi.org/10.1080/03043797.2012.661701

I. M. Sujana and I. A. Wayan Puniawati, “KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM TEACHING LEARNING CYCLES (TLC) MODEL (Refleksi Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Program Penempatan Dosen di Sekolah (PDS)),” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 15–28, 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i1.101. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.101

A. Saputra, S. Wahyuni, M. Program, S. Pendidikan, D. Program, and S. Pendidikan, “Pengembangan Model IPA berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger,” J. Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 2, pp. 182–189, 2016.

A. N. Safitri, S. Subiki, and S. Wahyuni, “Pengembangan Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di Smp,” J. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 1, p. 22, 2018, doi: 10.19184/jpf.v7i1.7221. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7221

N. Isnaniah, “AL KAWNU : SCIENCE AND LOCAL WISDOM JOURNAL Pembelajaran Fisika Berbasis Etno-STEM melalui Permainan Tradisional Kalimantan Selatan,” vol. 02, no. 01, pp. 116–121, 2023, doi: 10.18592/alkawnu.v1i1.7418. DOI: https://doi.org/10.18592/ak.v2i1.7418

M. A. Martawijaya, “Buku Fisika Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Dan Ketuntasan Belajar,” Buku Sains dan Pendidik. Fis., vol. 10, no. 3, pp. 285–292, 2014.

I. D. Kurniati et al., “Buku Ajar,” 2015.

S. L. Mufarohah and K. Dwiningsih, “The Effectiveness of Blended Learning Oriented LKS with POGIL Strategy on High School Chemical Bond Subject,” JKPK (Jurnal Kim. dan Pendidik. Kim., vol. 3, no. 2, p. 53, 2018, doi: 10.20961/jkpk.v3i2.22328. DOI: https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i2.22328

S. I. Maulida, T. Prihandono, and Maryani, “Pengembangan modul fisika gelombang bunyi berbasis react untuk kelas xi ipa,” J. Pembelajaran Fis., vol. 8, no. 3, pp. 174–180, 2019.

I. R. Nugroho and B. Ruwanto, “Media pembelajaran berbasis,” J. Pendidik. Fis. Nomor, vol. 6, no. 6, pp. 319–326, 2017.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Erlangga, S. Y., Susanti, & amalia, . ayu fitri. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Materi Gelombang dan Bunyi berbasis Local Wisdom Alat Musik Gamelan pada Mata kuliah Fisika Dasar. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 90–98. https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i1.14154

Citation Check