Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika

Authors

  • Sony Yunior Erlangga Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Elang Amadeus Poort Hanze University of Applied Sciences, Netherlands
  • Puji Hariati winingsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Oktaffiarinna Manasikana Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Indonesia
  • Arifian Dimas STKIP Modern, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i2.15685

Keywords:

Effect size, HOTS, Meta-Analisis

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai efek dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan pemahaman konseptual siswa. Meskipun kemampuan tingkat tinggi ini penting dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari, namun pemahaman siswa dalam hal ini masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan menganalisis 20 artikel dari beberapa jurnal yang terakreditasi Sinta yang berkaitan dengan efek dari model PBL terhadap kemampuan HOTS dan pemahaman konseptual siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah coding dan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan panduan untuk Effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL memiliki pengaruh positif terhadap berbagai kemampuan siswa, tanpa memandang tingkat pendidikan dan jenis kemampuan. Dengan demikian, penerapan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan HOTS siswa pada berbagai tingkat pendidikan.

References

N. P. A. H. Sanjayanti and P. W. Y. Pramadi, “Integrasi Keterampilan 4C Dalam Modul Teori Belajar Dan Pembelajaran Fisika,” J. Pendidik. Fis. Undiksha, vol. 10, no. 2, p. 74, 2020, doi: 10.23887/jjpf.v10i2.28947. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.28947

Suratno, N. Komaria, Yushardi, Dafik, and I. Wicaksono, “The effect of using synectics model on creative thinking and metacognition skills of junior high school students,” Int. J. Instr., vol. 12, no. 3, pp. 133–150, 2019, doi: 10.29333/iji.2019.1239a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.1239a

M. P. Simanjuntak et al., “Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap 4C,” J. Inov. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 3, pp. 38–46, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafie-issn2549-8258,p-issn2337-4624

A. Asrizal, A. Hendri, and F. Festiyed, “Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI,” Pros. Semin. Hibah Progr. Penugasan Dosen ke Sekol., no. November, pp. 49–57, 2019. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/bknrf

U. A. Deta and S. Widha, “Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 9, no. 1, pp. 28–34, 2013, doi: 10.15294/jpfi.v9i1.2577.

R. Harisma and N. B. Berutu, “The Effect Of Using Inquiry Based Teaching Assisted By The Boss Baby Cartoon On The Students’ Achievement In Learning Grammar,” English Teach. Linguist. J., vol. 1, no. 1, pp. 34–40, 2020, doi: 10.30596/etlij.v1i1.4124. DOI: https://doi.org/10.30596/etlij.v1i1.4124

A. G. Haji, M. Syukri, and Sulaiman, “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Information Technology Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis,” J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 9, no. 2, pp. 89–97, 2018. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25830

F. U. Flamboyant, E. Murdani, and S. Soeharto, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes,” Variabel, vol. 1, no. 2, p. 51, 2018, doi: 10.26737/var.v1i2.810. DOI: https://doi.org/10.26737/var.v1i2.810

W. Wulantri and S. Ali, “Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Induksi Elektromagnetik di Kelas XII SMA,” Indones. J. Sci. Math. Educ., vol. 1, no. 3, pp. 179–185, 2018, doi: 10.24042/ijsme.v1i3.3592. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3592

D. P. SMA, “Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi,” Pedagogika, vol. 10, no. 2, pp. 84–94, 20215, doi: 10.37411/pedagogika.v10i2.60. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.60

S. R. Zahara, M. Muliani, and R. Rizaldi, “Pengaruh Model Pembelajaran Dicovery Learning Dan Model Pembelajaran Pbl Terhadap Pemahaman Konsep Siswa,” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., vol. 4, no. 1, p. 15, 2021, doi: 10.29103/relativitas.v4i1.3805 DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i1.3805

O. Alpindo, Mahrizal, and H. Amir, “Pengaruh Pemberian Pertanyaan Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 PADANG,” Pillar Phys. Educ., vol. 3, no. April, pp. 113–120, 2014, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/1919

& A. Rahmadani, H., “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Sekolah Dasar,” BMC Public Health, vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

N. Azmi, A. Asrizal, and F. Mufit, “Meta Analisis: Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa Sma,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, p. 291, 2021, doi: 10.31764/orbita.v7i2.5940. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5940

H. B. Santoso, M. Schrepp, R. Yugo Kartono Isal, A. Y. Utomo, and B. Priyogi, “Measuring user experience of the student-centered E-learning environment,” J. Educ. Online, vol. 13, no. 1, pp. 1–79, 2016. DOI: https://doi.org/10.9743/JEO.2016.1.5

T. Mulyani, “Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi,” Semin. Nas. Pascasarj. 2019, vol. 7, no. 1, p. 455, 2019.

M. A. Pratama, Supahar, D. P. Lestari, W. K. Sari, T. S. Y. Putri, and V. A. K. Adiatmah, “Data literacy assessment instrument for preparing 21 Cs literacy: Preliminary study,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1440, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1440/1/012085. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012085

A. S. Lestari, M. Alwi, and A. R. Hakim, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2020/2021,” J. Elem., vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/3218%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/download/3218/pdf

D. R. Darman, “Online problem based learning (OPBL) assisted by simulation media in basic physics learning to improve creative thinking skills,” Gravity J. Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 1, pp. 12–18, 2021, doi: 10.30870/gravity.v7i1.10008. DOI: https://doi.org/10.30870/gravity.v7i1.10008

A. Mayasari, A. Asrizal, and U. Usmeldi, “The EFFECT SIZE PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA,” LENSA (Lentera Sains) J. Pendidik. IPA, vol. 13, no. 1, pp. 67–76, 2023, doi: 10.24929/lensa.v13i1.301. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.301

S. Susilawati, F. Rahmana, K. Kosim, and ..., “Practicality of Problem-Based Physics Learning Tools with Video Assistance to Improve Problem-Solving Ability of Students,” J. Sci. Sci. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: 10.29303/jossed.v3i1.1614. DOI: https://doi.org/10.29303/jossed.v3i1.1614

A. M. Sayekti et al., “DESKRIPSI LKPD BERBASIS PJBL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK,” vol. 5, no. 1, pp. 601–609, 2019.

E. Desiriah and W. Setyarsih, “Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Fisika Di Sma,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, p. 79, 2021, doi: 10.31764/orbita.v7i1.4436. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4436

A. Fitriani, S. Zubaidah, H. Susilo, and M. H. I. Al Muhdhar, “PBLPOE: A learning model to enhance students’ critical thinking skills and scientific attitudes,” Int. J. Instr., vol. 13, no. 2, pp. 89–106, 2020, doi: 10.29333/iji.2020.1327a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.1327a

F. R. Rahim, S. Y. Sari, P. D. Sundari, F. Aulia, and N. Fauza, “Interactive design of physics learning media: The role of teachers and students in a teaching innovation,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 2309, no. 1, 2022, doi: 10.1088/1742-6596/2309/1/012075. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012075

S. Syamsia and S. Tegamuni, “The Implementation of Curriculum 2013 in English Subject at SMA Negeri in Ternate,” Langua J. Linguist. Lit. Lang. Educ., vol. I, no. 1, pp. 73–82, 2018, doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.1443108.

P. Nurkamilah and E. A. Afriansyah, “Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 49–60, 2021, doi: 10.31980/mosharafa.v10i1.818 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Erlangga, S. Y., Poort , E. A., winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas , A. (2023). Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185–198. https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i2.15685

Citation Check