Pengaruh penerapan pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) disertai handout terhadap hasil belajar Fisika SMPN 3 sikakap

Authors

  • maria elisabeth sakulo Pendidikan Fisika,Fakultas Sains dan Teknologi,Universitas PGRI Sumatera Barat. , Indonesia
  • Aidhia Rahmi1 Pendidikan Fisika,Fakultas Sains dan Teknologi,Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Megasyani Anaperta Pendidikan Fisika,Fakultas Sains dan Teknologi,Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v10i1.15975

Keywords:

Terhadap hasil belajar fisika. 'enter'

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar fisika peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs)  terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis ranah kognitif dan ranah afektif yang bertujuan untuk menguji hipotesis dalam penelitian yang homogen dan varian. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs).

References

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. PT. Rineka Cipta.

Erlangga, S. Y. (2017). Filsafat perenialisme. In Dramuturgi. https://www.pendidikandasar.com/filsafat-perenialisme/

Erlangga, S. Y. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. 5, 312–316. DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.914

Erlangga, S. Y., Kuncoro, K. S., & Ardilla, N. (2024). Psikologi Pendidikan. Edupedia Publisher.

Erlangga, S. Y., Poort, E. A., winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185–198. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/15685 DOI: https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i2.15685

Erlangga, S. Y., Winingsih, P. H., & ... (2021). Identification of Student Misconceptions Using Four Tier Diagnostic Instruments On Straight Motion Materials. COMPTON: Jurnal Ilmiah …, 8(2). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/12923

Erlangga, S. Y., Winingsih, P. H., Yektyastuti, R., Poort, E. A., & Amrurrahim, A. N. (2023). Enhancing Statistical Physics Learning : Rhetoric and Emotion in Moodle for Physics Education. 19(December), 163–179. https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.46090 DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.46090

Erlangga, Y. S. D. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Materi Gelombang dan Bunyi berbasis Local Wisdom Alat Musik Gamelan pada Mata kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 90–98. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/14154

Faury. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai. Skripsi. DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2693

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230

Gunstone, Dick., McKittrick., Brian., and Milhall, P. (2009). CUP - A Procedurefor Developing Conceptual Understanding. Monash University.

Hasmiati, Jamilah, M. K. M. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. 5(1), 21–35.

Hesty Widiyastutia, Endang Lovisia, A. A. (2023). The Influence of Collaborative Creativity (Cc) Model on Physics Learning Outcomes at SMA Negeri 4 Lubuk Linggau. Compton (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 9(2), 140–144.

Hikmah, N., Baidowi, dan Kurniati, N. (2014). Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 9(2). DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v9i2.50

Huda. (2015). Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Ibrahim, Kosim, Gunawan, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures(CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 2(1), 36–43.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Pustaka Pelajar.

Ismawati, F. S. E. Nugroho, P. D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Curiosty Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10, 22–27.

Kanginan. (2004). Fisika 1A SMU. Erlangga.

Kusumaningrum, B., Arigiyati, T. A., Ayuningtyas, A. D., Erlangga, S. Y., Saraswati, P., & Oktaviana, E. (2024). Workshop meningkatkan kemampuan guru dalam mengajarkan literasi numerasi. Journal of Compacta Community Empowerment, 1(1), 1–11.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Mariana, I Made Alit dan Praginda, W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Nadhiroh, N., Wilujeng, I., Sa’diyah, A., & Erlangga, S. Y. (2021). Smartphone-Based Learning Media on Microscope Topic for High School Students. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 419–426. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.060 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.060

Prastiwi, I., Soedjoko, E., & Mulyono, M. (2014). Efektivitas Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Aspek Koneksi Matematika. Jurnal Kreano, 5(1), 41–47.

Prastowo, A., H. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Sanjaya. (2010). Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Saputro, H., Winingsih, P. H., & Erlangga, S. Y. (2021). Rancang Bangun Inverter Sederhana (IS) dengan Memanfaatkan IC 555 sebagai Pembangkit Tegangan Pada Mata Kuliah Elektronika I. Compton (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(1), 68–71.

Setyawan, D. N., Widyawati, A., Kusumaningrum, B., Yunior, S., Matematika, P., Tamansiswa, U. S., & Yogyakarta, K. (2023). Pemanfaatan E-Book Panduan Praktikum IPA 3 Berbasis Niteni Nirokke Nambahi pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. 9(2), 173–184.

Shodikin, A. (2015). Interaksi Kemampuan Awal Matematis Siswa dan Pembelajaran Dengan Strategi Abduktif - Deduktif Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa. Inspiramatika, 1(1), 61–72. DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i2.138

Singgih, Krida, Kuncoro, Erlangga, S. Y. (2023). MODEL MODEL PEMBELAJARAN. Edupedia Publisher.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanti, S., Ernawati, T., & Erlangga, S. Y. (2022). The Effect of Online Practicum Learning on Concept Understanding of UST Yogyakarta Science Student. Al Hikmah: Journal of Education, 3(1), 79–92. https://doi.org/10.54168/ahje.v3i1.99 DOI: https://doi.org/10.54168/ahje.v3i1.99

Winingsih, P., Kuswanto, H., Saputro, H., Erlangga, S. Y., Purnama, A. Y., Sebastian, R., Silvia, S., & Purwanto, J. (2023). Analysis of understanding of physics concepts through problem solving units review in free fall motion materials. Revista Mexicana de Física E, 20(2 Jul-Dec), 1–6. https://doi.org/10.31349/revmexfise.20.020205 DOI: https://doi.org/10.31349/RevMexFisE.20.020205

Wulandari, A., Yektyastuti, R., Erlangga, S. Y., & Effane, A. (2023). Implementation of Project-Based Learning Model Based on STEM Design Thinking and Its Effecton toward Critical Thinking Skills of Elementary School Students. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 241–255. https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.9618 DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.9618

Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

sakulo, maria elisabeth, Rahmi1, A. ., & Anaperta, M. (2023). Pengaruh penerapan pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) disertai handout terhadap hasil belajar Fisika SMPN 3 sikakap. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.30738/cjipf.v10i1.15975

Citation Check