Peningkatan Sikap Ilmiah melalui Model Problem-based Learning dengan Pendekatan Diferensiasi

The Improvement of Scientific Attitudes through Problem-based Learning with Differentiated Instruction in Physics Subject

Authors

  • Yusfrina Yanuarti Windarto Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Pranata SMA N 1 Purworejo , Indonesia
  • Okimustava Universitas Ahmad Dahlan , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v10i1.16393

Keywords:

Problem-based learning, Differentiated Instruction, Scientific Attitudes, Physics Classroom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah peserta didik XG, SMA N 1 Purworejo melalui penerapan pembelajaran model Problem Based Learning dengan pendekatan diferensiasi pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Data diperoleh melalui observasi dengan instrumen lembar observasi. Hasil yang didapatkan pada siklus I diperoleh rerata kelas 71% dari 100% dengan tiga indikator dari sembilan indikator mendapatkan predikat “kurang”. Pada siklus II, rerata kelas diperoleh sebesar 85% dari 100% dengan tujuh indikator dengan predikat “sangat baik” dan dua indikator dengan predikat “baik”. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, terdapat peningkatan sikap ilmiah peserta didik melalui penerapan model problem based learning dengan pendekatan diferensiasi pada mata pelajaran fisika.

References

Al-Shehri, M. S. (2020). Effect of Differentiated Instruction on the Achievement and Development of Critical Thinking Skills among Sixth-Grade Science Students. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(10), 77–99. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.10.5 DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.19.10.5

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif , dan kontekstual: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/KTI). Prenadamedia Group.

Aprilianti, L., Irawati, S., & Kasrina, K. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.58-67 DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.58-67

Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.294 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.294

Cahyani, R., Komarayanti, S., & Hidayah, L. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMAN 1 Jember Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ScienceEdu : Jurnal Pendidikan IPA, VI(1). DOI: https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39643

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., Winda, F. R., Heldalia, H., & Kartina, L. (2020). The Correlation Between Student Perceptions of the Use of E-Modules with Students’ Basic Science Process Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(4), 719. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.28310 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.28310

Erlangga, S. Y. (2017). Filsafat perenialisme. In Dramuturgi. https://www.pendidikandasar.com/filsafat-perenialisme/

Erlangga, S. Y., & Saputro, H. (2018). Mini Roller Coaster ( Miroco ) sebagai Media untuk Menghitung Percepatan Ditinjau dari Energi Mekanik Mini Roller Coaster ( Miroco ) as a Media to Calculate the Terms of Acceleration of Mechanical Energy. 2(2), 29–33. DOI: https://doi.org/10.35895/rf.v2i2.80

Erlangga, S. Y., Jumadi, Nadhiroh, N., & Wingsih, P. H. (2021). The Effective of Using Worksheet with the Problem-Based Learning (PBL) Through Google Classrooms to Improve Critical Thinking Skills During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 427–433. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.061 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.061

Erlangga, S. Y., Kuncoro, K. S., & Ardilla, N. (2024). P s i k o l o g i p e n d i d i k a n. Edupedia Publisher

Erlangga, S. Y., Poort, E. A., winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185–198. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/15685 DOI: https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i2.15685

Erlangga, S. Y., Winingsih, P. H., Yektyastuti, R., Poort, E. A., & Amrurrahim, A. N. (2023). Enhancing Statistical Physics Learning : Rhetoric and Emotion in Moodle for Physics Education. 19(December), 163–179. https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.46090 DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.46090

Erlangga, Y. S. D. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Materi Gelombang dan Bunyi berbasis Local Wisdom Alat Musik Gamelan pada Mata kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 90–98. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/14154

Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons LLC.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Hartati, H., Azmin, N., Nasir, Muh., & Andang, A. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795–5799. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190

Heacox, D. (2012). Differentiating instruction in the regular classroom: How to reach and teach all learners (Updated anniversary ed). Free Spirit Publishing.

Israfiddin, I., Gani, A., & Saminan, S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Di SMP Negeri 2 Delima. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(01), 43–51. DOI: https://doi.org/10.36709/jpa.v2i2.22

Laeli, S., Okimustava, O., & Kurniasari, E. (2022). Kajian Model Problem Based Learning Berbasis Gamifikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Fisika Di Masa New Normal. JEMAS J. Edukasi Mat. Dan Sains, 3(2), 66–72.

Mahmudah, M., Mustika, R. D., & Anhar, M. S. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pelajaran Ekonomi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(2), 565–580. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.3987 DOI: https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.3987

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes (1st ed.). Mitra Cendikia Press.

Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282–287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543 DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543

Niami, K., Kosim, K., & Gunawan, G. (2018). Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 220–225. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.850 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.850

Nurhalimah, N., & Meilinda, M. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 563–568. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.624 DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.624

Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 49. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724

Pen, A. (2022). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dengan Pemberian BiografiIlmuwan Pada Mata Pelajaran Fisika: Dampak Sikap Ilmiah Dan MotivasiBelajar Siswa Kelas X Program Tehnik Otomotif Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2021/2022 Di SMK Bina Kusuma Ruteng. EDUNET: The Journal of Humanities and Applied Education, 1(2).

Prodi Pendidikan Fisika, PMIPA, FKIP, Universitas Mataram, Doyan, A., Susilawati, S., & Prodi Magister Pendidikan IPA, Program Pasca Sarjana, Universitas Mataram. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Pada Materi Fisika Kuantum. Kappa Journal, 4(2), 113–120. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2494 DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2494

Program Studi Tadris (Pendidikan) Fisika, FTIK IAIN Palangka Raya, & Yuliani, H. (2021). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Pemberian Biografi Ilmuwan Pada Mata Kuliah Fisika Dasar I: Dampak Sikap Ilmiah dan Motivasi belajar. Kappa Journal, 5(1), 128–136. https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.3591 DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.3591

Rahmah, S., Dalila, A. A., Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838 DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838

Sakliressy, M. T., Sunarno, W., & Nurosyid, F. (2021). Profil Sikap Ilmiah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika di SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 66–71. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.8025 DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.8025

Saputro, H., Winingsih, P. H., & Erlangga, S. Y. (2021). Rancang Bangun Inverter Sederhana (IS) dengan Memanfaatkan IC 555 sebagai Pembangkit Tegangan Pada Mata Kuliah Elektronika I. Compton (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(1), 68–71.

Singgih, Krida, Kuncoro, Erlangga, S. Y. (2023). MODEL MODEL PEMBELAJARAN. Edupedia Publisher

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. ALFABETA.

Taryono, T., Saepuzaman, D., Dhina, M. A., & Fitriyanti, N. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 (4Cs) Siswa SMP. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 89. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i1.15825 DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i1.15825

Tomlinson, C. A. (1999). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. Association for Supervision and Curriculum Development.

Usman, J., Mawardi, M., Zein, H. M., & Rasyidah, R. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). AcehPo Publishing.

Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 28–35. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.28-35 DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.28-35

Winingsih, P., Kuswanto, H., Saputro, H., Erlangga, S. Y., Purnama, A. Y., Sebastian, R., Silvia, S., & Purwanto, J. (2023). Analysis of understanding of physics concepts through problem solving units review in free fall motion materials. Revista Mexicana de Física E, 20(2 Jul-Dec), 1–6. https://doi.org/10.31349/revmexfise.20.020205 DOI: https://doi.org/10.31349/RevMexFisE.20.020205

Wiwin, E., & Kustijono, R. (2018). The use of physics practicum to train science process skills and its effect on scientific attitude of vocational high school students. Journal of Physics: Conference Series, 997, 012040. https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/012040 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/012040

Yulianci, S., Asriyadin, Nurjumiati, Kaniawati, I., Liliawati, W., & Muliana. (2021). Preliminary analysis of module development by setting arguments through the application of scientific inquiry models to improve students’ scientific attitudes. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012021. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012021 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012021

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Yusfrina Yanuarti Windarto, Pranata, & Okimustava. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah melalui Model Problem-based Learning dengan Pendekatan Diferensiasi: The Improvement of Scientific Attitudes through Problem-based Learning with Differentiated Instruction in Physics Subject. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 12–23. https://doi.org/10.30738/cjipf.v10i1.16393

Citation Check