Efektivitas pembelajaran IPA menggunakan media KIT IPA terhadap pemahaman konsep

Authors

  • Susanti Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Tias Ernawati Pendidikan IPA Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Devi Septiani Pendidikan IPA Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v10i1.16603

Keywords:

Efektivitas, KIT IPA, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan media KIT Sains terhadap pemahaman konsep IPA. Penelitian dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan sains yang berjumlah 21 orang. Teknik analisis data penelitian menggunakan N-Gain. Hasil penelitian adalah pembelajaran menggunakan media KIT Sains efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Persen N-Gain sebesar 86,33% termasuk dalam kategori tinggi dengan interpretasi efektif.

References

Angreni, S., & Sari, R., T. (2017). Ketersediaan dan Pemanfaatan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA di SD Negeri Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 234–242.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102708

Erlangga. (2018). Mini Roller Coaster (Miroco) sebagai Media untuk Menghitung Percepatan Ditinjau dari Energi Mekanik. Risalah Fisika, 2(2), 29–33. https://doi.org/10.35895/rf.v2i2.80 DOI: https://doi.org/10.35895/rf.v2i2.80

Erlangga, S. Y. (2017). Filsafat perenialisme. In Dramuturgi. https://www.pendidikandasar.com/filsafat-perenialisme/

Erlangga, S. Y., Jumadi, Nadhiroh, N., & Wingsih, P. H. (2021). The Effective of Using Worksheet with the Problem-Based Learning (PBL) Through Google Classrooms to Improve Critical Thinking Skills During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 427–433. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.061 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.061

Erlangga, S. Y., Kuncoro, K. S., & Ardilla, N. (2024). Psikologi Pendidikan. Edupedia Publisher.

Erlangga, S. Y., Poort, E. A., winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185–198. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/15685

Erlangga, S. Y., Winingsih, P. H., & ... (2021). Identification of Student Misconceptions Using Four Tier Diagnostic Instruments On Straight Motion Materials. COMPTON: Jurnal Ilmiah …, 8(2). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/12923

Erlangga, S. Y., Winingsih, P. H., Yektyastuti, R., Poort, E. A., & Amrurrahim, A. N. (2023). Enhancing Statistical Physics Learning : Rhetoric and Emotion in Moodle for Physics Education. 19(December), 163–179. https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.46090 DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.46090

Erlangga, Y. S. D. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Materi Gelombang dan Bunyi berbasis Local Wisdom Alat Musik Gamelan pada Mata kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 90–98. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/14154

Jamaluddin, J., Kade, A., & Nurjannah, N. (2015). Analisis Pelaksanaan Praktikum Menggunakan KIT IPA Fisika Di SMP Se-Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(1), 6. https://doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i1.2368 DOI: https://doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i1.2368

Khoirun Naimah. (2022). Inovasi Pembelajaran IPA SD dengan Pemanfaatan Media KIT Alat Sederhana yang Berasal dari Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kreativitas Siswa. Formosa Journal of Science and Technology, 1(2), 97–110. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i2.693 DOI: https://doi.org/10.55927/fjst.v1i2.693

Kholifatur Rosidah, & Laily Rosdiana. (2019). Efektivitas KIT Rangkaian Listrik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Smp. Pendidikan Sains, 7(1), 5–9.

Nadhiroh, N., Wilujeng, I., Sa’diyah, A., & Erlangga, S. Y. (2021). Smartphone-Based Learning Media on Microscope Topic for High School Students. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 419–426. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.060 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.060

Nasriyanti, R., Cahyaningsih, U., & Dede Salim Nahdi. (2021). Pentingnya Model Core Terhadap Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Ipa Pelajaran Ipa. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2021, 104–110.

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25.

Novitasari, L. L. (2018). DPNPM1- Lilis Novitasari & Leonard. Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matema, 758–766.

Setyawan, D. N., Widyawati, A., Kusumaningrum, B., Yunior, S., Matematika, P., Tamansiswa, U. S., & Yogyakarta, K. (2023). Pemanfaatan E-Book Panduan Praktikum IPA 3 Berbasis Niteni Nirokke Nambahi pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. 9(2), 173–184.

Singgih, Krida, Kuncoro, Erlangga, S. Y. (2023). MODEL MODEL PEMBELAJARAN. Edupedia Publisher.

Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S., & Widiasih, N. N. (2014). Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum Ipa Smp Berorientasi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1), 29–39.

Suhartini, S. (2021). Upaya Meningkatkan Belajar IPA Tentang Gaya Magnet Melalui Penerapan Kegiatan Praktik KIT-IPA Pada Siswa Kelas V SDN Sumberbendo 02 Tahun Pelajaran 2019/2020. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 122–130. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.64 DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.64

Suryani, N. A., Sakti, I., & Purwanto, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Clis (Children’s Learning In Science) Dengan Menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 2(1), 113–116. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.1.113-116 DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.2.1.113-116

Susanti, S., Ernawati, T., & Erlangga, S. Y. (2022). The Effect of Online Practicum Learning on Concept Understanding of UST Yogyakarta Science Student. Al Hikmah: Journal of Education, 3(1), 79–92. https://doi.org/10.54168/ahje.v3i1.99 DOI: https://doi.org/10.54168/ahje.v3i1.99

Winingsih, P., Kuswanto, H., Saputro, H., Erlangga, S. Y., Purnama, A. Y., Sebastian, R., Silvia, S., & Purwanto, J. (2023). Analysis of understanding of physics concepts through problem solving units review in free fall motion materials. Revista Mexicana de Física E, 20(2 Jul-Dec), 1–6. https://doi.org/10.31349/revmexfise.20.020205 DOI: https://doi.org/10.31349/RevMexFisE.20.020205

Wulandari, A., Yektyastuti, R., Erlangga, S. Y., & Effane, A. (2023). Implementation of Project-Based Learning Model Based on STEM Design Thinking and Its Effecton toward Critical Thinking Skills of Elementary School Students. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 241–255. https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.9618 DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.9618

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Susanti, Ernawati, T. ., & Septiani, D. . (2023). Efektivitas pembelajaran IPA menggunakan media KIT IPA terhadap pemahaman konsep. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 24–29. https://doi.org/10.30738/cjipf.v10i1.16603

Citation Check