Analisa Kepraktisan Model Pembelajaran E-PBL-STEM Berbasis Tri N pada Pembelajaran Konsep Tekanan

Authors

  • Ani Widyawati Department of Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • yanta universitas negeri yogyakarta, Indonesia
  • heru universitas negeri yogyakarta, Indonesia
  • ahmad cheng shui university, China

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v10i1.16937

Keywords:

Model pembelajaran, E-PBL-STEM, Tri-N

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepraktisan model pembelajaran E-PBL STEM berbasis Tri N  pada pembelajaran konsep tekanan. Jenis penelitian ini adalah bagian dari Research and Development (R&D) pada tahap uji coba terbatas dengan sampel satu kelas.   Lembar   keterlaksanaan   RPP dan  angket   uji   kepraktisan   model  pembelajaran  oleh  guru digunakan sebagai instrumen dalam  teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif untuk mengitung persentase skor observasi ketrelaksanaan RPP dan angket kepraktisan daari guru, kemudian kita deskripsikan. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model EPBL –STEM berbasis Tri N termasuk kategori sangat praktis digunakan dengan persentase kepraktisan sebesar 87,5 % dan keterlaksanaan RPP 100%.  Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu setiap sintaks model EPBL-STEM berbasis Tri N sangat praktis dilaksanakan.

References

Afridaningrum, Anastasia Rina. 2019. “Pengemban- gan Perangkat Pembelajaran Teks Deskrip- si Berbasis Tri-N pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Yogyakarta: PBSI FKIP UST.

Budiyono, A., Husna, H., & Wildani, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pbl Terintegrasi Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa. Edusains, 12(2), 166–176. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.13248 DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i2.13248

Erlangga, S. Y. (2017). Filsafat perenialisme. In Dramuturgi. https://www.pendidikandasar.com/filsafat-perenialisme/

Erlangga, S. Y. (2022). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE TIER PADA. 5, 312–316.

Erlangga, S. Y., Kuncoro, K. S., & Ardilla, N. (2024). Psikologi Pendidikan. Edupedia Publisher.

Erlangga, S. Y., Poort, E. A., winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185–198. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/15685

Erlangga, S. Y., & Saputro, H. (2018). Mini Roller Coaster ( Miroco ) sebagai Media untuk Menghitung Percepatan Ditinjau dari Energi Mekanik Mini Roller Coaster ( Miroco ) as a Media to Calculate the Terms of Acceleration of Mechanical Energy. 2(2), 29–33.

Erlangga, S. Y., Winingsih, P. H., Yektyastuti, R., Poort, E. A., & Amrurrahim, A. N. (2023). Enhancing Statistical Physics Learning : Rhetoric and Emotion in Moodle for Physics Education. 19(December), 163–179. https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.46090

Ermawati, & Siti Rochmiyati. (2020). Implementasi Tri-N (Niteni-Nirokke-Nambahi) dan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) pada Perangkat Pembelajaran Teks Deskripsi Kelas Vii SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 8–13.

Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21 (Sarwandi (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.

Janah, O. A. S. N. (2023). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. NBER Working Papers, 6(2), 89.

Kosassy, Siti Osa. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn Dan Hukum, 14(1), 152–173.

Nadhiroh, N., Wilujeng, I., Sa’diyah, A., & Erlangga, S. Y. (2021). Smartphone-Based Learning Media on Microscope Topic for High School Students. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 419–426. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.060

Nur’Azizah, R., Utami, B., & Hastuti, B. (2021). The relationship between critical thinking skills and students learning motivation with students’learning achievement about buffer solution in eleventh grade science program. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012038

Pratomo, W., Nadziroh, N., & Chairiyah, C. (2020). Implementation of Teaching KetamansiswaanTri-N to Instil Noble Characteristics of Students at SDN I Plumbon, Karanganyar District. JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 15–22.

Saputro, H., Winingsih, P. H., & Erlangga, S. Y. (2021). Rancang Bangun Inverter Sederhana (IS) dengan Memanfaatkan IC 555 sebagai Pembangkit Tegangan Pada Mata Kuliah Elektronika I. Compton (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(1), 68–71.

Setyawan, D. N., Widyawati, A., Kusumaningrum, B., Yunior, S., Matematika, P., Tamansiswa, U. S., & Yogyakarta, K. (2023). Pemanfaatan E-Book Panduan Praktikum IPA 3 Berbasis Niteni Nirokke Nambahi pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. 9(2), 173–184.

Singgih, Krida, Kuncoro, Erlangga, S. Y. (2023). Model Model Pembelajaran. Edupedia Publisher.

Sudarsana, I. K., Armaeni, K. W. A., Sudrajat, D., Abdullah, D., Satria, E., Saddhono, K., Samsiarni, Setyawasih, R., Meldra, D., & Ekalestari, S. (2019). The Implementation of the E-Learning Concept in Education. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012063

Susanti, S., Ernawati, T., & Erlangga, S. Y. (2022). The Effect of Online Practicum Learning on Concept Understanding of UST Yogyakarta Science Student. Al Hikmah: Journal of Education, 3(1), 79–92. https://doi.org/10.54168/ahje.v3i1.99

Winingsih, P., Kuswanto, H., Saputro, H., Erlangga, S. Y., Purnama, A. Y., Sebastian, R., Silvia, S., & Purwanto, J. (2023). Analysis of understanding of physics concepts through problem solving units review in free fall motion materials. Revista Mexicana de Física E, 20(2 Jul-Dec), 1–6. https://doi.org/10.31349/revmexfise.20.020205

Wulandari, A., Yektyastuti, R., Erlangga, S. Y., & Effane, A. (2023). Implementation of Project-Based Learning Model Based on STEM Design Thinking and Its Effecton toward Critical Thinking Skills of Elementary School Students. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 241–255. https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.9618

Ernawati, T., & Susanti, S. (2021). E-modul IPA 2 untuk pembelajaran mandiri di masa pandemi covid-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 107-114. DOI: https://doi.org/10.22236/jppp.v3i2.6919

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar ssiswa pada konsep suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283–287.

Erlangga, S. Y. (2017). Filsafat perenialisme. In Dramuturgi. https://www.pendidikandasar.com/filsafat-perenialisme/

Erlangga, S. Y. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier 5, 312–316. DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.914

Erlangga, S. Y., Kuncoro, K. S., & Ardilla, N. (2024). Psikologi Pendidikan. Edupedia Publisher.

Erlangga, S. Y., Poort, E. A., winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 185–198. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/15685

Erlangga, S. Y., & Saputro, H. (2018). Mini Roller Coaster ( Miroco ) sebagai Media untuk Menghitung Percepatan Ditinjau dari Energi Mekanik Mini Roller Coaster ( Miroco ) as a Media to Calculate the Terms of Acceleration of Mechanical Energy. 2(2), 29–33. DOI: https://doi.org/10.35895/rf.v2i2.80

Erlangga, S. Y., Winingsih, P. H., Yektyastuti, R., Poort, E. A., & Amrurrahim, A. N. (2023). Enhancing Statistical Physics Learning : Rhetoric and Emotion in Moodle for Physics Education. 19(December), 163–179. https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.46090 DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.46090

Ermawati, & Siti Rochmiyati. (2020). Implementasi Tri-N (Niteni-Nirokke-Nambahi) dan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) pada Perangkat Pembelajaran Teks Deskripsi Kelas Vii SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 8–13. DOI: https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i1.35756

Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21 (Sarwandi (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.

Janah, O. A. S. N. (2023). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. NBER Working Papers, 6(2), 89.

Kosassy, Siti Osa. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn Dan Hukum, 14(1), 152–173.

Nadhiroh, N., Wilujeng, I., Sa’diyah, A., & Erlangga, S. Y. (2021). Smartphone-Based Learning Media on Microscope Topic for High School Students. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 419–426. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.060 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.060

Nur’Azizah, R., Utami, B., & Hastuti, B. (2021). The relationship between critical thinking skills and students learning motivation with students’learning achievement about buffer solution in eleventh grade science program. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012038 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012038

Pratomo, W., Nadziroh, N., & Chairiyah, C. (2020). Implementation of Teaching KetamansiswaanTri-N to Instil Noble Characteristics of Students at SDN I Plumbon, Karanganyar District. JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 15–22. DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v5i1.2967

Saputro, H., Winingsih, P. H., & Erlangga, S. Y. (2021). Rancang Bangun Inverter Sederhana (IS) dengan Memanfaatkan IC 555 sebagai Pembangkit Tegangan Pada Mata Kuliah Elektronika I. Compton (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(1), 68–71.

Setyawan, D. N., Widyawati, A., Kusumaningrum, B., Yunior, S., Matematika, P., Tamansiswa, U. S., & Yogyakarta, K. (2023). Pemanfaatan E-Book Panduan Praktikum IPA 3 Berbasis Niteni Nirokke Nambahi pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. 9(2), 173–184.

Singgih, Krida, Kuncoro, Erlangga, S. Y. (2023). MODEL MODEL PEMBELAJARAN. Edupedia Publisher.

Sudarsana, I. K., Armaeni, K. W. A., Sudrajat, D., Abdullah, D., Satria, E., Saddhono, K., Samsiarni, Setyawasih, R., Meldra, D., & Ekalestari, S. (2019). The Implementation of the E-Learning Concept in Education. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012063 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012063

Susanti, S., Ernawati, T., & Erlangga, S. Y. (2022). The Effect of Online Practicum Learning on Concept Understanding of UST Yogyakarta Science Student. Al Hikmah: Journal of Education, 3(1), 79–92. https://doi.org/10.54168/ahje.v3i1.99 DOI: https://doi.org/10.54168/ahje.v3i1.99

Winingsih, P., Kuswanto, H., Saputro, H., Erlangga, S. Y., Purnama, A. Y., Sebastian, R., Silvia, S., & Purwanto, J. (2023). Analysis of understanding of physics concepts through problem solving units review in free fall motion materials. Revista Mexicana de Física E, 20(2 Jul-Dec), 1–6. https://doi.org/10.31349/revmexfise.20.020205 DOI: https://doi.org/10.31349/RevMexFisE.20.020205

Wulandari, A., Yektyastuti, R., Erlangga, S. Y., & Effane, A. (2023). Implementation of Project-Based Learning Model Based on STEM Design Thinking and Its Effecton toward Critical Thinking Skills of Elementary School Students. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 241–255. https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.9618 DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.9618

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Widyawati, A., -, suyanta, kuswanto, heru, & Naf’an Amrurrahim, A. . (2023). Analisa Kepraktisan Model Pembelajaran E-PBL-STEM Berbasis Tri N pada Pembelajaran Konsep Tekanan. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 38–45. https://doi.org/10.30738/cjipf.v10i1.16937

Citation Check