Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Materi Hukum Newton

Authors

  • Ike Hilma Wahyuni Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v7i1.6196

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa fisika semester 1 dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 26 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa 5 soal uraian. Penelitian dilakukan dengan cara membagikan 5 soal uraian materi hukum Newton. Data yang didapatkan dari penelitian di analisis dengan cara mencari persentase setiap indikator beserta rata-ratanya dan rata-rata setiap soal kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan data yang telah dianalisis, didapatkan rata-rata persentase setiap indikator pada soal kemampuan pemecahan masalah yaitu 83,08% untuk indikator 1, 66,35% untuk indikator 2, 76,92% untuk indikator 3, dan indikator 4 sebesar 28,46%. Didapatkan juga rata-rata nilai untuk setiap soal pemecahan masalah yaitu soal 1 sebesar 8,85, soal 2 sebesar 15,61, soal 3 sebesar 15,08, soal 4 sebesar 11,46, dan soal 5 sebesar 13,08. Mahasiswa menemui banyak kesulitan ketika mengerjakan soal nomor 1 untuk menentukan gaya gesek kinetik dan gaya dorong yang dialami balok. Selain itu juga hasil analisis menunjukkan bahwa indikator terendah adalah indikator keempat yaitu memeriksa kembali.

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, hukum Newton, memahami permasalahan

Author Biography

Ike Hilma Wahyuni, Universitas Negeri Malang

Ike H. Wahyuni, mahasiswa fisika Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia

References

Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.

Docktor, J. L. (2009). Development and validation of a physics problem-solving assessment rubric.

Glaser, R. (1984). Education and thinking: The role of knowledge. American Psychologist, 39(2), 93.

Hertiavi, M. d, Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Jurnal Pendidikan, 1.

Jiwanto, I. N., Purwanto, J., & Murtono, M. (2012). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika Menurut Polya. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3.

Larkin, J. H., & Reif, F. (1979). Understanding and teaching problem-solving in physics. European Journal of Science Education, 1(2), 191–203.

Makrufi, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5), 332–340.

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190.

Setiyani, F., & others. (2016). Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Pada Berbagai Bentuk Representasi Soal (PhD Thesis). Universitas Negeri Semarang.

Published

2020-06-29

How to Cite

Wahyuni, I. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Materi Hukum Newton. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 57–65. https://doi.org/10.30738/cjipf.v7i1.6196

Citation Check