EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

Authors

  • Pujiyanto Pujiyanto Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widodo Budhi Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v3i1.670

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika antara pembelajaran menggunakan video pembelajaran dan tanpa menggunakan video pembelajaran. Secara komparatif bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika antara pembelajaran menggunakan video pembelajaran dan tanpa menggunakan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experiment atau eksperimen semu yang dilaksanakan di SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukan bahwa kecenderungan prestasi belajar  fisika yang diajar menggunakan video pembelajaran dan tanpa menggunakan  video pembelajaran berada pada kategori sangat tinggi. Hasil analisis menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestsi belajar fisika antara pembelajaran menggunkan video pembelajaran dan tanpa menggunakan video pembelajaran. Rerata prestasi belajar fisika pembelajaran menggunakan video pembelajaran lebih tinggi  dari pembelajaran tanpa menggunakan video pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan video pembelajaran lebih efektif dibanding dengan pembelajaran tanpa menggunakan video pembelajaran. 

References

Anas Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada.

Arif S Sadiman dkk. 2009. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.

Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Oemar Hamalik. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra.

Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan. GP Press Group.

Published

2017-07-13

How to Cite

Pujiyanto, P., & Budhi, W. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/10.30738/cjipf.v3i1.670

Issue

Section

Artikel