HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU, MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

Authors

  • Diyah Ayu Triumiana Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sumadi Sumadi Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v3i2.684

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru, motivasi belajar, kreativitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa kelas XI fisika SMK Muhammadiyah tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 290 siswa dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 164 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan tes. Hasil
penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan sangat signifikan antara gaya mengajar guru, motivasi belajar, kreativitas belajar siswa dan prestasi belajar fisika. Nilai koefisien determinasi R2 = 0.372. Sumbangan efektif sebesar 37,171% . Terdiri dari gaya mengajar guru 6.420%,
motivasi belajar 16,048% dan 14,702% kreativitas belajar siswa.

References

Hamzah B.Uno. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad Ali. 2010. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitan

Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya

W.J.S Poerwodarminta. 2005. Kamus besar Bahasa

Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Zaenal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Published

2017-07-13

How to Cite

Triumiana, D. A., & Sumadi, S. (2017). HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU, MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2). https://doi.org/10.30738/cjipf.v3i2.684

Issue

Section

Artikel

Citation Check