Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Taksonomi Marzano Untuk Menentukan Profil Kemampuan Penalaran Pada Materi Gerak Lurus

Authors

  • Lieza Fadzilah Universitas PGRI Madiun
  • Tantri Mayasari Universitas PGRI Madiun
  • Andista Candra Yusro Universitas PGRI Madiun

Keywords:

student worksheet, Discovery-Character Experiment, student character

Abstract

This study aims to produce a valid reasoning ability test instrument. This research is a research and development conducted using the four stages of the ADDIE model. Instrument validation is carried out by experts. The results of expert validation showed that overall the test instruments obtained good categories. The results of empirical validation show that five questions are valid and obtain a CVI of 1. Test instruments are carried out to measure reasoning ability. The measurement results show that the average value of students' problem solving skills is 18.18 with the highest value of 35 and the lowest 7.5 with a scale of 0-100

 

 

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes kemampuan penalaran yang valid. Tahapan tahapan yang diambil oleh peneliti menggunakan model ADDIE yang sudah diteliti dan dikembangkan. Validasi instrumen yang sudah dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa secara keseluruhan instrumen tes memperoleh kategori baik. Hasil validasi empirik menunjukkan bahwa lima soal valid dan memperoleh hasil CVI sebesar 1. Hasil dari instrumen tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran menunjukan nilai rata-rata kemampuan mahasiswa untuk memecahkan sebuah masalah yaitu sebesar 18,18 dengan nilai tertinggi 35 dan terendah 7,5 dengan skala 0—100

 

References

A. Yulindar and J. Maknun, “PENGGUNAAN INSTRUMEN TES FISIKA BERBASIS OPEN-ENDED,” vol. 2, no. 1, pp. 80–85, 2017.

B. R. Kurniawan, M. Reyza, and A. Taqwa, “Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis,” no. 2015, pp. 1451–1457, 2018.

widi Lestari, “PENGEMBANGAN INSTRUMEN MULTIPLE CHOICE REASONING TERBUKA BERBASIS HOTS DENGAN PENDEKATAN LITERASI SAINS TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X SMAN,” 2019.

L. Yuliantaningrum and T. Sunarti, “PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, BERPIKIR KREATIF, DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI GERAK LURUS PADA PESERTA DIDIK SMA,” vol. 09, no. 02, pp. 76–82, 2020.

M. Wati and S. Mahtari, “Pengembangan Instrumen Kognitif Fisika Siswa SMP,” J. Penelit. dan Pengkaj. Ilmu Pendidik. e-Saintika, vol. 1, no. 1, pp. 45–56, 2017, doi: 10.36312/e-saintika.v1i1.5.

S. Y. Erlangga, Jumadi, N. Nadhiroh, and P. H. Wingsih, “The Effective of Using Worksheet with the Problem-Based Learning (PBL) Through Google Classrooms to Improve Critical Thinking Skills During the Covid-19 Pandemic,” Proc. 6th Int. Semin. Sci. Educ. (ISSE 2020), vol. 541, no. Isse 2020, pp. 427–433, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210326.061.

P. H. Winingsih, P. Fisika, F. Keguruan, and I. Pendidikan, “PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KONSEP KALOR Kostansa Lissa Luturmas 1),” pp. 30–36.

S. Y. Erlangga and H. Saputro, “Mini Roller Coaster ( Miroco ) sebagai Media untuk Menghitung Percepatan Ditinjau dari Energi Mekanik Mini Roller Coaster ( Miroco ) as a Media to Calculate the Terms of Acceleration of Mechanical Energy,” vol. 2, no. 2, pp. 29–33, 2018.

A. Widodo and Y. W. Apri, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 JETIS PADA MATERI POKOK KESEIMBANGAN BENDA TEGAR POCKET BOOK LEARNING MEDIA DEVELOPMENT BASED ON DIGITAL AN,” vol. 475, pp. 147–154, 2017.

N. Nadhiroh, I. Wilujeng, A. Sa’diyah, and S. Y. Erlangga, “Smartphone-Based Learning Media on Microscope Topic for High School Students,” Proc. 6th Int. Semin. Sci. Educ. (ISSE 2020), vol. 541, no. Isse 2020, pp. 419–426, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210326.060.

Downloads

Published

2022-08-08

How to Cite

Fadzilah, L., Mayasari, T., & Yusro, A. C. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Taksonomi Marzano Untuk Menentukan Profil Kemampuan Penalaran Pada Materi Gerak Lurus. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(2), 54–64. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/8098