EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30738/cjipf.v7i2.9088Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning dengan strategi NHT dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning dengan strategi NHT. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil analisis presentase aktivitas menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas guru adalah 72,2% dengan kategori baik dan skor rata-rata aktivitas siswa adalah 73,8% dengan kategori baik. Hasil analisis uji n-gain menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika siswa adalah 0,57% dengan kategori cukup. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru dan siswa dan terdapat peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning dengan strategi NHT. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan strategi NHT efektif dalam pembelajaran fisika khususnya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas XI IPA.
References
Sumantri, Mohamad Syarif. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2015.
Nurdin, H. Syafruddin, Andrianto. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Safitri, Melly, Yennita, Irdam Idrus. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL).†Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Biologi Universitas Bengkulu 2 (1): 103-104, 2018.
Niswatin, Hamidatun. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor.†Skripsi: Universitas Negeri Gorontalo, 2015.
Noorhidayati. Khairun Nisa, Hardianyah. Penerapan kombinasi model pembelajaran PBL dan NHT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada konsep fungi. Jurnal inovasi pendidikan sains Universitas Lambung Mangkurat. Vol. 9 (2): 144-149, 2018.
Nurfarida, Kartika. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.
Huda, Miftahul. “Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.†Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2018.
Johan, Corputty E. M. “Materi Problem Based Learning (PBL) PDPT UI.†Universitas Indonesia, 2012.
Sulistyorini, Muhammad Fathurrohman. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2012.
Rusman. “Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan.†Jakarta: Kencana, 2017.
Sadirman. “Interaksi Motivasi Belajar Mengajar.†Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Purwanto. “Evaluasi Hasil Belajar.†Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2016.
Abdullah Sani, Ridwan. Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2012.
Purwanto. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Siew, N. M., Chin, M. K., Sombuling, A. The Effects of problem based learning with cooperative learning on preschooler’s scientific creativity. Journal of Baltic Science Education, 16, 100-112, 2017.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright in this website and the material on this website (including without limitation the text, computer code, artwork, photographs, images, music, audio material, video material and audio-visual material on this website) is owned by Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika and its licensors.
All articles published by Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.