PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (SW-MI) PADA MATERI FLUIDA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA/MA

Authors

  • Joko Purwanto Department of Physics Education, Faculty of Tarbiyah and Education, Universitas Islam Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Jalan Marsda Adi Sucipto No1 Yogyakarta 55281
  • Meida Azizah Department of Physics Education, Faculty of Tarbiyah and Education, Universitas Islam Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Jalan Marsda Adi Sucipto No1 Yogyakarta 55281
  • Daimul Hasanah Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Jalan Batikan UH.III/1043, Yogyakarta 55167

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v7i2.9090

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis multiple intelligences (LKPD-MI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model procedural Borg&Gall yang dibatasi sampai tahap revisi produk operasional. Objek coba dalam penelitian ini adalah 8 peserta didik SMAN 5 Yogyakarta pada uji lapangan skala kecil dan 30 peserta didik MAN Lab. UIN Yogyakarta pada uji lapangan skala besar. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian LKPD oleh ahli materi, media, guru fisika, dan respon peserta didik. Tes tertulis dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik setelah menggunakan LKPD-MI hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD-MI yang dikembangkan mendapat penilaian sangat baik menurut ahli materi, media, dan guru fisika. Peserta didik memberi respon baik terhadap LKPD-MI, yang berarti LKPD-MI dapat diterima. Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik meningkat dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,58.

References

OECD, PISA 2018 Results: Whats student know and can do.

https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Muhammad Yaumi, “Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligencesâ€, Jakarta: Dian Rakyat, 2012.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D)â€. Bandung : Alfabeta, 2010

Borg R Walter and Gall Meredith, “Educational Research 4th editionâ€. Newyork: Longman Inc, 1983.

Anderson, L.W. and Krathwohl, D.R., Airasian P.W., Cruikshank, K.A., Mayer, R.E., Pintrich, P.R., Raths, J., Wittrock, M.C., “A Taxonomy for learning, teaching, and assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Complete Edision). Theory into Practice 41(4):212-218, 2002.

Hake R.R., “Interactive-Engagement Versus Traditional Metode: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Coursesâ€. American Journal of physics, 66 (1), pp. 67-74. 1998.

Endang Widjajanti. “Kualitas Lembar Kerja Siswaâ€. Makalah disajikan dalam Seminar Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMA/MA di FMIPA UNY. 2008.

Munif Chatib. “Sekolahnya Manusiaâ€. Mizan Pustaka: Bandung. 2009.

Howard Gardner. “Multiple Intelligences: The Theory in Practiceâ€. Basic Book: New York, 1993.

Downloads

Published

2021-01-04

How to Cite

Purwanto, J., Azizah, M., & Hasanah, D. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (SW-MI) PADA MATERI FLUIDA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA/MA. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 28–35. https://doi.org/10.30738/cjipf.v7i2.9090