PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) FISIKA DENGAN 3D PAGEFLIP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI

Authors

  • Atika Nur Hidayah Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Jalan Batikan UH.III/1043, Yogyakarta 55167, Indonesia
  • Puji Hariati Winingsih Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Jalan Batikan UH.III/1043, Yogyakarta 55167, Indonesia
  • Ayu Fitri Amalia Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Jalan Batikan UH.III/1043, Yogyakarta 55167, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/cjipf.v7i2.9091

Abstract

Dampak pandemic Covid-19 terhadap Pendidikan menjadikan pembelajaran harus dilakukan secara daring, namun bahan ajar yang digunakan masih banyak berupa bahan ajar cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan produk.  Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunaka delapan tahapan. Uji kelayakan e-LKPD menggunakan angket skala likert dengan divalidasi oleh tiga validator. Uji keterbacaan e-LKPD dilaksanakan di SMA Negeri 1 Prambanan dan diperoleh produk berupa e-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) Fisika dengan 3D Pageflip Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Kelayakan produk ini menurut validator adalah Sangat Baik (91%) dan Baik (9%). Sehingga layak untuk digunakan di sekolah sebagai salah satu bahan ajar bagi peserta didik.

References

Amos Neolaka & Grace A.N. 2017. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jawa Barat: Kencana.

Nurlaila, Yuli Prihatni, Puji Hariati Winingsih. 2017. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Suhu Dan Kalorâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON (Vol. 4 Nomor 2) Hal 43-48.

Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani. 2020. “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19â€, Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam. (Vol. 1 Nomor 1) Hal 82-93.

Rozy, Adam Fatchur., dan Yudha Anggana. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Berbasis 3D Pageflip Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Di SMK Negeri 1 Kediriâ€. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. (Vol Nomor 1) Hal 1-7.

Lilis Lismaya. 2019. Berpikir Kritis & PBL: (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Yunika, dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Permainan Monopoli Pada Pokok Bahasan Dinamika Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. (Vol.4 Nomor 1) Hal 42-48.

Sry Astuti, Muhammad Danial, dan Muhammad Anwar. 2018. “Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER)â€, Pend. Kimia PPs UNM. (Vol.1 Nomor 2) Hal 90-114.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Budiwanto, Setyo. 2017. Metode Statistika Untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran No.4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Downloads

Published

2021-01-04

How to Cite

Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., & Amalia, A. F. (2021). PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) FISIKA DENGAN 3D PAGEFLIP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 36–43. https://doi.org/10.30738/cjipf.v7i2.9091

Citation Check