PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE SINK’S AND TUTTLE MODEL DAN INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS)

Imam Sodikin, Muhammad Yusuf, Ricky Pangestu

Sari


PT. Mandiri Jogja Internasional adalah perusahaaan yang bergerak di bidang pembuatan tas dan dompet dengan bahan kulit. PT. Mandiri jogja internasional saat ini melakukan pengukuran kerja berdasarkan pada target order masuk yang dapat terpenuhi, sehingga dapat dikatakan perusahaan memiliki kinerja yang baik. Pengukuran kinerja dengan metode tersebut tidak dapat dijadikan tolak ukur dalam kinerja perusahaan. Riset ini bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan berdasarkan 7 kriteria, yaitu produktivitas, efektivitas, efisiensi, kualitas, profitabilitas, kehidupan kerja, dan inovasi dengan metode Sink’s and Tuttle Mode dan berdasarkan kebutuhan-kebutuhan dari beberapa stakeholder perusahaan dengan metode Integrated Performance Measurement Systems (IPMS). Hasil pengukuran kinerja dengan kedua metode tersebut dapat mengidentifikasi 21 Key Performance Indicator (KPI) pada PT. Mandiri Jogja Internasional. Penerapan scoring system dengan menggunakan Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light Systems diketahui pencapaian indeks kinerja PT. Mandiri Jogja Internasional selama 6 bulan dari Januari sampai dengan bulan Juni memiliki nilai sebesar 69,44; 69,04; 69,04; 69,24; 69,44; dan 69,04. Sehingga diperoleh hasil bahwa perusahaan mengalami penurunan kinerja sebesar 0,40.

 

Kata Kunci: Sink’s and Tuttle Mode, IPMS, KPI, OMAX, Traffic Light System.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bititci, Umit S., Allan S. Carrie, dan Liam McDevitt. 1997, Integrated Performance Measurement Systems: A Development Guide, Glasgow, UK: University of Strathclyde.

Ebel, R. L., dan Frisbie, D. A., 1986, Essentials of Educational Measurement, New Jersey: Prentice Hall Inc. p. 230.

Moeheriono, 2012, Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan Indikator Kinerja Utama (IKU) Bisnis dan Publik, Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyadi, 2007, Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan, Jakarta: Salemba Empat.

Neely, A., Adams, C., dan Kennerley, M., 2002, The Performance Prism: The Scorecard for Measuring and Managing Business Success, London: Prentice Hall.

Riggs, James L dan Glen, 1983, Productivity By Objectives, United Kingdom: Prentice Hall.

Saaty, Thomas L., dan Vargas, Luis G., 2006, Decision Making with The Analytical Network Process: Economic, Political, Social, and Technological Application with Benefit, Opportunities, Cost and Risks, Pittsburgh: Springer.

Sink, S., dan Tuttle, T., 1989, Planning And Measurement In Your Organisation Of The Future, Industrial Engineering & Management Press, Norcross.

Tannady, Hendy, 2015, Pengendalian Kualitas, Jakarta: Graha Ilmu.

Veithzal, Rivai, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Sari view : 72 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.