PENERAPAN KESEIMBANGAN LINI PRODUKSI DAGING BONELESS DI PT. DAGSAP ENDURA EATORE MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMODELAN SISTEM

Dwi Aryadi

Sari


Rumah Pemotongan Ayam (RPA) di PT. Dagsap Endura Eatore merupakan unit yang bertanggung jawab memproduksi WIP berupa daging boneless. Permasalahan pada lintasan produksi daging boneless di RPA adalah adanya kesenjangan waktu siklus antara stasiun kerja cukup besar. Hal ini disebabkan oleh kondisi keseimbangan lintasan yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kondisi usulan perbaikan pada keseimbangan lintasan produksi daging boneless. Metode yang digunakan adalah Ranked Positional Weights (RPW) dan Killbridge Western dibantu dengan pendekatan simulasi menggunakan ProModel. Hasil perhitungan dengan metode RPW dan Killbridge Western memperoleh nilai indikator keseimbangan lintasan yang sama yaitu line efficiency sebesar 91,405%, balanced delay sebasar 8,594%, smoothness index sebesar 1,001 menit, dan jumlah idle time sebesar 1,003 menit pada 3 stasiun kerja yang terbentuk. Jumlah idle time pada hasil simulasi pemodelan kondisi usulan yaitu 21,180 menit.

 

Kata kunci: RPW, Killbridge Western, ProModel


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baroto, T., 2002, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pratama, F.Y., 2018, Analisis Keseimbangan Lintasan Produksi Pada Kelompok Kerja Backpost and RIB Menggunakan Metode Ranked Positional Weight, Universitas islam indonesia.

Suryadhini, P.P., 2014/2015, Modul Praktikum Perencanaan dan Pengendalian, Laboratorium sistem produksi dan otomasi.

Zuhdi, A., 2004, Pelatihan Dasar Optimasi Proses Produksi Dengan Metode Simulasi, Universitas Gajah Mada.


Article Metrics

Sari view : 137 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.