Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Materi SPLTV

Authors

  • Mentari Dini IKIP Siliwangi
  • Nuraeni Nuraeni
  • Ika Wahyu Anita

DOI:

https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2218

Keywords:

contextual approach, understanding ability

Abstract

This study aims to examine and analyze about contextual approach to improve understanding ability in senior high school Bakti Utama. The population in this research is XI grade senior high school in Bandung Barat. This study was designed qualitative descriptive method. Based on the results and discussion students understanding ability had improved.

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132.

Arikunto, S. (2012). Dasar-DasarEvaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara

Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill. Bandung: Reflika Aditama.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Reflika Aditama.

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28

Minarni, A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Paradikma, 6(02), 162-174.

Sanjaya, W. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Senjayawati, E. (2014). “Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK Di Kota Cimahiâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Hlm 166.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli).

Widodo, S. A. (2017). Development of teaching materials algebraic equation to improve problem solving. In Infinity (Vol. 6, No. 1, pp. 61-70).

Widodo, S. A., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah trigonometri. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1).

Downloads

Issue

Section

Artikel

Citation Check