Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Hypothetical Learning Trajectory Pada Materi Vektor

Suwarto Suwarto, Agustina Sri Purnami

Abstract


Kajian ini dilatarbelakangi dari hasil diskusi dengan guru, data awal berupa tes kemampuan kognitif dan pengamatan di kelas tentang masalah yang sering dihadapi dalam pembelajaran matematika terkait vektor. Masalah yang muncul antara lain: siswa kurang mampu memahami konsep matematika pada materi vektor. Siswa cenderung dapat mengerjakan soal sesuai dengan contoh yang diberikan namun kurang mampu  mengerjakan soal yang berbeda dengan contoh. Hal ini disebabkan pembelajaran matematika materi vektor yang berlangsung di sekolah masih bersifat informatif dan abstrak, sehingga pemahaman konsep pada materi vector kurang dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran materi vektor yang dapat  meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi vector yang didasrakan pada hasil analisis hypothetical learning trajectory (HLT) terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan jumlah sampel 30 siswa di SMA Negeri 2 Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian memberikan informasi untuk kajian penelitian selanjutnya dalam upaya pengembangan desain didaktik yang dihipotesiskan dapat meningkatkan pemahaman konsep dengan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi vektor.


Keywords


Vektor, Hypothetical Learning Trajectory, desain didaktik, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Baroody, A. J., Cibulskis, M., Lai, M. L., & Li, X. (2004). Comments On The Use Of Learning Trajectories In Curriculum Development And Research. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 227-260.

Suharsimi, A. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

L.F. Johnson, R.S. Smith, J. Troy, R.K. Varon. (2009). Challenge-Based Learning: An Approach for Our Time. Austin, Texas: The New Media Consortium.

Stevens, S. Y., Delgado, C., & Krajcik, J. S. (2010). Developing A Hypothetical Multi‐Dimensional Learning Progression For The Nature Of Matter. Journal of Research in Science Teaching, 47(6), 687-715.

Suwarto. (2017). Strategi Pembelajaran Operasi Bilangan dengan Benda Konkrit. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (3)




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2614

Article Metrics

Abstract view : 544 times
PDF - 752 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Suwarto Suwarto, Agustina Sri Purnami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


IndoMath: Indonesia Mathematics Education

Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta

Email: indomath@ustjogja.ac.id


p-ISSN: 2614-5103 | e-ISSN: 2614-5111


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats