Trilogi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Dan Profesionalitas Guru SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta

Penulis

  • Afriani Zakaria SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana pola kepemimpinan kepala terhadap kinerja dan profesionalitas guru ditinjau dari konsep trilogi kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara di SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta, 2) untuk mengetahui bagaimana hasil yang dicapai oleh sekolah dalam meningkatkan kinerja dan profesionalitas guru SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta, 3) untuk mengetahui bagaimana hasil yang dicapai oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja dan profesionalitas guru SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta, 4) untuk mengetahui bagaimana kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja dan profesionalitas guru SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bertempat di SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta, di Jalan Alun-Alun Utara, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Dilaksanakan di bulan januari 2020 sampai mei 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan informan adalah pengawas, komite, bidang kurikulum, staf/karyawan, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri Keputran 1 menggunakan pola kepemimpinan transformasional ditinjau dari konsep Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara. Konsep Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara ini sangat baik dan tepat diterapkan oleh kepala sekolah dalam memimpin para anggotanya untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas guru dengan tujuan meningkatkan kemajuan dan perkembangan sekolah. Hasil yang di capai sekolah selama kepemimpinan Bu Dra. Ninik Wusqo Murni, M.Pd dapat dilihat dari dua sisi, yaitu hasil fisik dan hasil non fisik. Hasil fisik dapat dilihat dari segi penampilan sekolah, dan sarana prasarana. Selanjutnya hasil non-fisik yaitu meningkatnya prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik dibuktikan dengan buku catatan prestasi. Pencapaian kepala sekolah selama memimpin SD Negeri Keputran 1 dapat dilihat dari kedisiplinan guru dan staf/karyawan, selanjutnya pembuatan perangkat/perencanaan pembelajaran, dan pengusulan dua orang guru untuk mengikuti diklat calon kepala sekolah, serta penghargaan yang di dapat kepala sekolah sebagai kepala sekolah terbaik seyogyakarta pada tahun 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-19

Terbitan

Bagian

Artikel