Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Rasa Ingin Tahu Siswa SMP

Authors

  • Arif Rudiyanto 1SMP Negeri 3 Salam , Indonesia

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui penilaian sikap rasa ingin tahu siswa SMP yang sudah dilakukan, untuk menghasilkan instrumen baku penilaian sikap rasa ingin tahu siswa SMP, dan untuk mengetahui kecenderungan sikap rasa ingin tahu siswa SMP Negeri 3 Salam. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) berupa pengembangan instrumen non-test. Model hipotetik instrumen disusun berdasarkan teori dan data empirik lapangan yang divalidasi oleh expert judgment kemudian diuji keterbacaan pada 10 siswa, dilanjutkan uji coba agak luas pada 32 siswa. Ují validitas butir dengan korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan koefisien Cronbach Alpha. Kemudian dilakukan uji coba luas pada 192 siswa. Uji validitas instrumen dan uji validitas konstruk dengan menggunakan analisis faktor, dan reliabilitas dengan koefiesien Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian sikap rasa ingin tahu siswa SMP Negeri 3 Salam yang selama ini dilakukan belum menggunakan instrumen yang baku. Dari langkah pengembangan intrumen diperoleh data, semua indikator mempunyai butir valid sehingga validitas isi terpenuhi. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment, validitas konkuren telah terpenuhi. Hasil uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor menunjukkan butir instrumen dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan instrumen memenuhi syarat reliabilitas. Hasil penerapan instrumen final menunjukkan kecenderungan sikap rasa ingin tahu siswa SMP Negeri 3 Salam berada pada kategori sangat tinggi.

Published

04-06-2020

How to Cite

Rudiyanto, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Rasa Ingin Tahu Siswa SMP. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(3), 191–201. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/11088

Issue

Section

Artikel

Citation Check