Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Discovery Learning Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Klaten

Penulis

  • Dianita Hastiningrum SMA Negeri 2 Klaten

Abstrak

nelitian dan pengembangan e-modul bertujuan mengetahui prosedur pengembangan dan efektivitas E-Modul Biologi berbasis Discovery Learning materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Klaten. Model pengembangan e-modul mengadaptasi model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Instrumen berupa angket dan tes objektif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Independent Sample T-test. Subjek penelitian 35 siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian (1) E-modul valid hasil review ahli materi menunjukkan e-modul berpredikat “sangat valid” (92,3%), ahli bahasa “sangat valid” (90,3%), ahli media “sangat valid” (94,6%), e-modul praktis hasil keterbacaan produk kelompok kecil menunjukkan e-modul berpredikat “sangat praktis” (90,0%) kelompok luas “sangat praktis” (90,1%), (b) hasil keterlaksanaan produk “sangat praktis” (90,0%), (c) hasil respon siswa kelas e-modul “sangat praktis” (89,7%). (2) Penggunaan e-modul biologi berbasis discovery learning efektif digunakan dengan nilai t hitung 2,592 > t tabel 1,995, berdasarkan dasar pengambilan keputusan melalui perbandingan nilai t hitung dengan t tabel, disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada perbedaan signifikan rata-rata nilai postest kelompok kontrol dengan e-modul. E-modul juga dapat meningkatkan penguasaan materi, kelas kontrol kategori “rendah” (8,3%), “sedang” (58,3%) “tinggi” (33,3%), kelompok e-modul kategori “rendah” (0%), “sedang” (48,6%), “tinggi” (51,4%).

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-09

Terbitan

Bagian

Artikel