Pengembangan Computer Based Test (Cbt) Berbasis Android Sebagai Evaluasi Pembelajaran Di MAN 1 Magelang

Penulis

  • Faida Syarifah Mahasiswa Pasca PEP UST

Abstrak

Tujuan Penelitian: (1) Mengetahui Kebutuhan Pendidik/ guru terhadap Computer Based Test berbasis android untuk evaluasi pembelajaran selama ini,(2) Mengetahui Pengembangan aplikasi Computer Based Test (CBT) berbasis android yang layak dan baku berdasar aspek kualitas perangkat lunak ISO 9126 model Software-QEM,(3) Mengetahui hasil evaluasi pembelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) berbasis android.Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data Funcionality:menggunakan deskriptif kualitatif, skala Guttman, Interpretasi 9126 dan Usability: Skala Likert, Uji konsistensi Alpha Crobach dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kebutuhan pendidik terhadap Computer Based Test (CBT) berbasis Android untuk evaluasi pembelajaran sangat tinggi. 2) Dalam pengembangan aplikasi CBT berbasis android menghasilkan pengujian aspek functionality yang bernilai baik dan pengujian aspek usability memperoleh nilai sangat tinggi. Berdasar dari hasil perolehan pengujian maka aplikasi Computer Based Test (CBT) Berbasis android untuk evaluasi pembelajaran di MAN 1 Magelang layak digunakan sesuai aspek kualitas perangkat lunak ISO 9126 model software QEM untuk mendukung pengelolaan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah maupun madrasah di berbagai tingkat pendidikan. 3) Hasil evaluasi pembelajaran menggunakan CBT berbasis android rata-rata memperoleh nilai yang baik dan mendapatkan hasil secara cepat, waktu yang digunakan lebih effisien serta dapat menguji sportifitas siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-02

Terbitan

Bagian

Artikel