Pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Guru, dan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XII TBSM dan TKRO di SMK YPT Purworejo

Penulis

  • Irman Listya Ramdhany SMK YPT Purworejo. Pangenrejo, Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII TBSM dan TKRO di SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII TBSM dan TKRO di SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Intensitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII TBSM dan TKRO di SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021. 4) Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru, dan Intensitas Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII TBSM dan TKRO di SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TBSM dan TKRO SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 115 siswa. Data dikumpulkan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika yang ditunjukkan dengan nilai rx1y=0,491, r2x1y=0,241, dan thitung (5,998) > ttabel (1,552). 2) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika yang ditunjukkan dengan nilai rx2y=0,391, r2x2y=0,153, dan thitung (4,511) > ttabel (1,552). 3) Intensitas Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika yang ditunjukkan dengan nilai rx3y=0,328, r2x3y=0,108, dan thitung (3,692) > ttabel (1,552). 4) Motivasi Belajar, Persepsi siswa tentang Kompetensi Guru, dan Intensitas Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika yang ditunjukkan dengan nilai Rx(1,2,3)y=0,576, R2x(1,2,3)y= 0,332, Fhitung (18,412) > Ftabel (2,70). Nilai SR X1=32,59%, X2=28,43%, X3=38,98% sedangkan total Sumbangan Efektif yaitu 33,20%.

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-04

Terbitan

Bagian

Artikel