Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Pada Tema Wirausaha Bagi Siswa Kelas VI SD

Penulis

  • Karyati SDN Banyurejo 1,Tempel, Sleman, DIY

Abstrak

Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar cetak tematik tema Wirausaha berbasis kontekstual bagi siswa kelas VI SD/MI. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan 8 tahap. Penelitian ini dilaksanakan di SD/MIGugus V, Kecamatan Tempel, Kabupaten Slemanpada semester gasal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment Design dengan desain Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket uji validasi, lembar observasi, pedoman wawancara, dan pretest dan posttest. Teknik analisis untuk uji hipotesis yaitu analisis kualitatif melalui penelaahan lembar validasi ahli dan kuantitatif melalui prosentase pencapaian nilai, distribusi frekuensi dan uji-t melalui program SPSS 22.0. Format bahan ajar cetak tematik tema Wirausaha berbasis Kontekstual bagi siswa kelas VI SD/MI semester gasal dibuat sesuai kurikulum 2013 dengan pendekatan kontekstual. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan skor hasil belajar pada pembelajaran kelompok eksperimen dengan bahan ajar cetak tematik produk pengembangan dan pembelajaran kelompok kontrol dengan bahan ajar cetak tematik awal atau yang biasa terpakai. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t independent sample t-test yang memiliki nilai t hitung > t tabel (2.166 > 2.02108).

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-04

Terbitan

Bagian

Artikel