Pengaruh Disiplin Siswa, Fasilitas Belajar di Rumah dan Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi di SMA Negeri 2 Klaten

Penulis

  • Nurul Faizah SMAN 2 Klaten

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin siswa, fasilitas belajar siswa di rumah dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar ekonomi di SMA Negeri 2 Klaten. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data melalui angket, nilai raport dan nilai UAS. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Klaten. Pengujian dan analisis data meliputi uji statistik data, validitas, reliabilitas dan uji prasyarat analisis meliputi normalitas, linearitas dan multikolenearitas. Pengujian hipotesis meliputi: uji korelasi product moment, uji F, uji determinasi, uji koefisien regresi linear berganda dan hipotesis statistik. Hasil penelitian menunjukan ada korelasi antara variabel Disiplin Siswa dengan variabel Prestasi Belajar Ekonomi sebesar 0.490; Fasilitas Belajar Siswa di Rumah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi sebesar 0.442 dan Nilai Awal terhadap Prestasi Belajar Ekonomi sebesar 0.503. Uji determinasi menunjukan pengaruh variabel Kedisiplinan Siswa, Fasilitas Belajar Siswa di Rumah dan Nilai Awal secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa sebesar 43.8%. Besar sumbangan efektif ketiga faktor adalah 43.8% dan faktor lain sebesar 56,2%.

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-09

Terbitan

Bagian

Artikel