Validasi Validasi Butir Instrumen HOTS Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX

Butir Instrumen HOTS Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX

Authors

  • pudji rahaju a:1:{s:5:"en_US";s:6:"author";}, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/journalofeducationalevaluationstudiesjees.v2i03.13646

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen soal HOTS untuk mengetahui karakteristik kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX terkait dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang layak dan baku. Lokasi penelitian di SMP N 1 Sawangan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama kelas IX SMP N 1 Sawangan Kecamatan Sawangan. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan pembuktian validitas isi dan reliabilitas. Validitas isi dengan penilaian dari enam validator ahli dan dihitung menggunakan indeks Aiken. Reabilitas dibuktikan dengan analisis uji coba lapangan, kemudian butir  valid pada instrumen final (produk utama) dihitung reliabilitasnya dengan Anates Ver 4.0.9. Hasil penelitian: hasil perhitungan validasi isi oleh ahli pada 26 butir soal HOTS pilihan ganda, yang merupakan produk akhir penelitian ini, diperoleh hasil (90%) kategori “tinggi” dan (10 %) kategori sedang. Dan berdasarkan hasil analisis Anates Ver 4.0.9  pada uji coba produk akhir yang diujikan kepada 126 siswa, diperoleh reliabilitas instrument sebesar (0,87) sehingga berada pada kategori “sangat tinggi”.

Kata Kunci: pengembangan, instrumen, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Mata pelajaran Bahasa Indonesia

Published

30-03-2023

How to Cite

rahaju, pudji. (2023). Validasi Validasi Butir Instrumen HOTS Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX: Butir Instrumen HOTS Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 2(3). https://doi.org/10.30738/journalofeducationalevaluationstudiesjees.v2i03.13646

Issue

Section

Artikel

Citation Check