Evaluasi Penerapan Media Audio Matahari di (Media Audio Tuntunan Anak Sehari-hari)TK ABA Sleman Kota
DOI:
https://doi.org/10.30738/journalofeducationalevaluationstudiesjees.v2i03.9002Keywords:
evaluasi, penerapan, media audio, karakter, pendidikan anak usia diniAbstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penerapan media audio Matahari di TK ABA Sleman Kota, ditinjau dari aspek reaksi (reaction), proses belajar (learning), perilaku (behavior), dampak (result), dan kendala yang dijumpai, serta bagaimana cara mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi program model Kirkpatrick. Subjek penelitian ini adalah 10 orang pendidik dan 146 peserta didik pada 9 rombongan belajar (rombel). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumen. Uji kredibilitas data melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan standar evaluasi dan analisis keberhasilan yang telah ditentukan.