Pengembangan Modul Bahan Ajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Di SMK YPT Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.30738/journalofeducationalevaluationstudiesjees.v2i03.9025Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan modul PMKR dan bagaimana efektivitas pembelajaran menggunakan modul PMKR terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa TKRO di SMK YPT Purworejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: modul  PMKR dinyatakan layak sebagai bahan ajar  Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK YPT  Purworejo. Hal ini didasarkan pada hasil analisis  berikut : Berdasarkan aspek self intruction, aspek self contained, aspek stand alone, aspek adaptive dan aspek user friendly diperoleh rerata skor total 3,20 sehingga termasuk dalam kategori “Layakâ€, Berdasarkan aspek format, aspek organisasi, aspek daya tarik, aspek bentuk dan ukuran huruf, aspek ruang kosong (spasi), serta aspek konsistensi skor total tiap instrumen sebesar 19,32/6 = 3,22 dari nilai skor maksimal 4,00 sehingga termasuk dalam kategori “layakâ€. Berdasarkan rerata skor total tiap aspek dari aspek materi, aspek media dan aspek pembelajaran modul sebesar 3,29+3,34+3,23 = 9,86, rerata skor total tiap instrumen sebesar 9,86/3 = 3,28 dari nilai skor maksimal 4,00 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layakâ€, Hasil reliabilitas menunjukkan angka 0,841 maka instrumen masukan untuk peserta didik termasuk dalam kategori “sangat reliabelâ€.