Pengembangan Modul Bahan Ajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Di SMK YPT Purworejo

Authors

  • Haris Setiyanto

DOI:

https://doi.org/10.30738/journalofeducationalevaluationstudiesjees.v2i03.9025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan modul PMKR dan bagaimana efektivitas pembelajaran menggunakan modul PMKR terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa TKRO di SMK YPT Purworejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: modul  PMKR dinyatakan layak sebagai bahan ajar  Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK YPT  Purworejo. Hal ini didasarkan pada hasil analisis  berikut : Berdasarkan aspek self intruction, aspek self contained, aspek stand alone, aspek adaptive dan aspek user friendly diperoleh rerata skor total 3,20 sehingga termasuk dalam kategori “Layakâ€, Berdasarkan aspek format, aspek organisasi, aspek daya tarik, aspek bentuk dan ukuran huruf, aspek ruang kosong (spasi), serta aspek konsistensi skor total tiap instrumen sebesar 19,32/6 = 3,22 dari nilai skor maksimal 4,00 sehingga termasuk dalam kategori “layakâ€. Berdasarkan rerata skor total tiap aspek dari aspek materi, aspek media dan aspek pembelajaran modul sebesar 3,29+3,34+3,23 = 9,86, rerata skor total tiap instrumen sebesar 9,86/3 = 3,28 dari nilai skor maksimal 4,00 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layakâ€, Hasil reliabilitas menunjukkan angka 0,841 maka instrumen masukan untuk peserta didik termasuk dalam kategori “sangat reliabelâ€.

Published

30-03-2023

How to Cite

Setiyanto, H. (2023). Pengembangan Modul Bahan Ajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Di SMK YPT Purworejo. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 2(3). https://doi.org/10.30738/journalofeducationalevaluationstudiesjees.v2i03.9025

Issue

Section

Artikel

Citation Check