Evaluasi Program Implementasi Budaya Industri 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Di SMK PN 2 Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.30738/journalofeducationalevaluationstudiesjees.v2i03.9030Keywords:
budaya industri 5RAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauhmana keberhasilan program implementasi budaya industri 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin ) di SMK PN 2 Purworejo ditinjau dari kontek, input,proses dan produk.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Evaluasi Program model CIPP ( Context, Input, Process, Product ). Lokasi penelitian di SMK PN 2 Purworejo jalan Kesatrian nomor 17 Purworejo. Subyek penelitian yaitu warga sekolah yang terdiri dari Pejabat Struktural,Guru, dan Siswa di SMK PN 2 Purworejo. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan evaluasi context, input, process, dan product, didapatkan data yang menunjukkan bahwa secara context, input, process, maupun product program implementasi budaya industry 5R di SMK PN 2 Purworejo telah dikategorikan sangat baik. Dibuktikan dengan perolehan data pada kuesioner / angket yang  menjelaskan tentang proses dan hasil yang di peroleh melalui kegiatan pelaksanaan Program implementasi budaya industry 5R di SMK PN 2 Purworejo.Program implementasi budaya industri 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin ) perlu dilanjutkan karena hal ini sangat penting untuk membentuk karakter baik Guru dan Siswa guna menyiapkan tenaga kerja yang siap bekerja di Industri
References
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Creswell. (2009). Research design: qualitative, quantitative and mixed approaches.Research Design. https://doi.org/10.2307/1523157
Arikunto, S. (2004). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. & Jabar, S.A.. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan.. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara
.Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .
Aryanti, Titis. (2019). Penerapan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Terhadap Hasil Jahitan Busana Wanita Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Yogyakarta Anjarsari, Rizki. (2016) Penerapan Prinsip Kerja Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin (5R) Pada Bengkel Praktik Program Keahlian Teknik Otomotif. Yogyakarta
Daryanto, & Bintoro. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Irawan, P. (2006). Penellitian Kualitatif & Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI. Jimenez, ct al, (2015). 5S methodology implementation in the laboratories of an industrial engineering university school . Spain : Elsevier
Jimenez, ct al, (2015). 5S methodology implementation in the laboratories of an industrial engineering university school . Spain : Elsevier
Kaufman, R & Thomas, Susan. (1980). Evaluation Without Fear. New York: A Division of Franklin Watss.
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: PT Tarsito.
Neuman, W. L. (1997). Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches. 3rd edition. Boston: Pearson Education Inc.
Patton, M. Q. (2006). Metode Evaluasi Kualitatif. Semarang: Pustaka Pelajar.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
Sudjana, D. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Saputra, Juni Dwi. (2016). Implementasi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Pada Bengkel Praktek Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Muhammadiyah 2 Wates. Yogyakarta
Tayibnapis, F. Y. (2000). Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.
Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk
Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Wirawan. (2012). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Press.
Widiyoko, E.P. (2011). Evaluasi Program Pembelajara: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pu