PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIN SIKAP TETEP AJARAN KI HAJAR DEWANTARA PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 9 PURWOREJO

Authors

  • Pitoyo Budi Santoso SMP Negeri 9 Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.30738/journalofeducationalevaluationstudiesjees.v2i03.9036

Keywords:

sikap, tetep, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan instrumen sikap tetep ajaran Ki Hajar Dewantara, dan sikap tetap pada peserta didik SMP Negeri 9 Purworejo Jawa Tengah. Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and evelopment), menggunakan prosedur yang disarankan oleh Borg and Gall dalam Sukmadinata (2013:169), terdiri dari sepuluh langkah namun dalam penelitian ini dimodifikasi menjadi 9 langkah. Dilaksanakan di SMP Negeri 9 Purworejo dengan subjek uji keterbacaan 20 responden, uji coba terbatas 64 responden, uji coba diperluas 360 responden dan implementasi penerapan instrument 64 responden. Instrumen berbentuk rating scale yang mengadopsi dari Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan instrumen yang dihasilkan dalam penelitian ini berbentuk instrumen self assessmen  sikap tetep yang terdiri 72 butir terdiri 36 butir valensi dan 36 butir faktual. Validitas isi dengan penghitungan indeks Aiken diperoleh hasil antara 0,833-1,000. Validitas konstruk metode EFA (Ekploratory Factor Analysis) diperoleh nilai KMO MSA 0,701 > 0,50 dan nilai Bartlett's Test of Sphericity (Sig.) 0,000 < 0,05. Reliabilitas instrumen dengan pendekatan Alpha Cronbach diperoleh nilai 0,889 pada uji coba terbatas dan 0,814 pada uji coba diperluas.  Diketahui hasil implementasi instrument sikap tetep ajaran Ki Hajar Dewantara pada peserta didik SMP Negeri 9 Purworejo pada kategori tinggi.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Chotimah, U. (2012). Pengembangan Intrumen Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran PKn Sekolah Menengah Pertama. http://www.google._ Laporan_Penelitian_%28Pengembangan_instrumen_. (02 Oktober 2018)

Ghofur, M.A. (2013). Implementasi Evaluasi Ranah Afektif Untuk Pembelajaran Akidah Akhlak Di MA NU Nurul Huda Mangkang Tugu Semarang. Skripsi S1. Semarang: IAIN Walisongo

Ghufron, M. Nur., dan Rini R.S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Guilford, J.P. (1956). Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc Gulo. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Jihad, A., & Abdul, H. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Krisnawati, D.Y. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Domain Afektif yang Berkualitas pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA N 1 Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi S1. Semarang: FIS UNNES.

McCoach, B.D., Gable, K.R., Madura, P.J. (2013). “Instrument Development In Affective Domainâ€. Springer New York Heidelberg Dordrecht London.

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara

Nashori, F. (2011). Agar Anak Anda Berprestasi. Yogyakarta: Pustaka Zeedny.

Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Prihatni, Y. (2016). Pendidikan Tamansiswa dan relevansinya dalam menjawab permasalahan pendidikan di Indonesia. Yogyakarta. UST

Sagala, S. (2012) Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sukanti. (2011). Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,1, IX, hlm. 74 – 82. Universitas Negeri Semarang

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suratman, (1985). Pokok-pokok Ketamansiswaan. Yogyakarta : Majelis Luhur.

Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuhdi, N.,(2015). Ensiklopedi Religi. Jakarta : Republika.

Published

30-03-2023

How to Cite

Santoso, P. B. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIN SIKAP TETEP AJARAN KI HAJAR DEWANTARA PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 9 PURWOREJO. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 2(3). https://doi.org/10.30738/journalofeducationalevaluationstudiesjees.v2i03.9036

Issue

Section

Artikel

Citation Check