PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR GUGUS 1 DI KECAMATAN CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Authors

  • ETIK RATNA WATI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SLEMAN, Indonesia

Keywords:

Kata kunci, Pengembangan Instrumen Pengukuran, sikap Tanggung Jawab, prosedur pengembangan

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui cara pengukuran guru mengukur sikap tanggung jawab, mengembangkan instrumen baku/layak mengukur sikap tanggung jawab, mengetahui indikator layak mengukur sikap tanggung jawab, mengetahui cara menyusun butir– butir instrument, mengetahui kebakuan instrumen, memenuhi syarat validitas butir, reabilitas butir, validitas konkuren, dan validitas konstrak pada pengukuran sikap tanggung jawab, megetahui sikap tanggung jawab siswa Sekolah Dasar.

Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan sampel penelitian siswa kelas IV SDN di Gugus 1 Kecamatan Cangkringan Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik wawancara dan observasi digunakan untuk mengetahui bagaimana guru dalam mengukur sikap Tanggung Jawab. Prosedur pengembangan instrumen yakni dengan: (1) model hipotesis, (2) validasi ahli, (3) revisi I, (4) uji keterbacaan, (5) revisi II, (6) uji agak luas, (7) revisi III, (8) uji coba luas, (9) instrumen final, (10) implementasi instrumen final sikap Tanggung Jawb. Analisis yang dilakukan antara lain dengan: (1) validitas butir menggunakan analisis korelasi product moment, (2) uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, (3) validitas isi, (4) validitas konkuren, dan (5) validitas konstruk menggunakan analisis faktor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru belum menggunakan lembar pengukuran hanya menggunakan lembar pengamatan / jurnal untuk mengukur nilai sikap Tanggung jawab, instrumen final sikap tanggung jawab valid dan reliabel dengan 8 indikator memuat 68 butir pernyataan terdiri 34 butir valensi dan 34 butir faktual, nilai reabilitas sebesar 0,971 dan validitas konkuren sebesar 0,379  dan uji  analisis factor/validitas konstruk dengan nilai KMO – MSA sebesar 0,684   dan dihasilkan sikap Tanggung Jawab siswa kelas IV SD di Gugus 1 Kecamatan Cangkringan sebanyak 140 siswa dengan nilai mean sebesar 221,96 sehingga termasuk dalam kategori sangat tinggi.

 

Published

19-09-2021

How to Cite

WATI, E. R. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR GUGUS 1 DI KECAMATAN CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(2). Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9066

Issue

Section

Artikel

Citation Check