Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Koloid
Keywords:
e-modul, discovery learning, hasil belajar kimia, koloidAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas e-modul kimia berbasis
discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik
pada pokok bahasan koloid. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Subjek penelitian
adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Klaten. Sumber data
dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 9
yang berjumlah 72 dan guru 3 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes soal pretest-postest, angket keterbacaan e-modul. Hasil
validasi dari ahli terhadap e-modul kimia berbasis discovery learning
ditinjau dari aspek kelayakan materi, kegrafikan, dan menunjukkan bahwa emodul
yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dalam proses
pembelajaran kimia. Berdasarkan penilaian guru pengampu mata pelajaran
kimia menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan praktis untuk
digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan pada uji efektivitas dengan
independent sample t-test menunjukkan nilai thitung sebesar 6,227 > nilai ttabel
sebesar 1,66691. Produk yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan hasil
belajar kimia peserta didik terbukti dengan perbedaaan peningkatan nilai
rata-rata sebesar 11,32 pada kelas kontrol dan sebesar 29,78 pada kelas
eksperimen.
References
Herawati, Nita Sunarya. 2018. Pengembangan modul elektronik (e-Modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 5, No 2, Oktober 2018, 180-191.
Imansari&Suryantiningsih. 2017. Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Volume 2, No 1, 11-16.
Juzelani, Nuzul. 2019. Pengembangan lembar kerja peserta didik yang mengintegrasikan literasi dengan pendekatan scientific mata pelajaran IPA. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 7 No 1, 1-12.
Laili, Ismi, dkk. 2019. Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 3, 306-315.
Larasati, Sukmana. 2018. Desain pengembangan modul pemahaman konsep berbasis metode penemuan terbimbing. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 6, No 2, Juli Tahun 2018, 185-195.
Lasmiyati & Harta, I. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 2, 161-174.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Panduan Praktis Penyusun e-Modul Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Macarandang, M.A. 2009. Evaluation of a Proposed Set of Modules in Principles and Methods of Teaching. E-International Scientific Research Journal, Vol. 1, No. 1, 1- 24.
Sadjati, Ida Malati. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Samat, Nur Adilah Abdul, dkk. 2019. Chem-A Module Based On STEM Approach In Chemical Bonding. International Journal of Recent Technology and Engineering, Vol.7, Issue-6S5, April 2019, 700-710.
Syahrial, dkk. 2019. E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 21, No 1, 165-177.
Utami, Dyah Ayu Fajar. 2019. Pengembangan bahan ajar berbasis modul interaktif bagi pemelajar BIPA tingkat A1. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, Volume 3 No 2, 277-294.
Widiyani, Syamsi. 2018. Pengembangan instrumen nilai komunikatif mata pelajaran kimia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 6 No 2, 148-156.
Yayang, E. 2019. Pengembangan e-modul berbasis web dengan menggunakan aplikasi Moodle pada mata kuliah pengelolaan perpustakaan. Edutech, 18(1), 25-36.
Zulfahrin, LM. 2019. The development of chemical e-module based on problem of learning to improve the concept of student understanding. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. Vol.8, No.2, 59-66.