Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Gugus I Di Kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta

Authors

  • Etik Ratnawati SDN Cangkringan 1,Cangkringan, Sleman, DIY Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Pengembangan Instrumen Pengukuran, sikap Tanggung Jawab, prosedur pengembangan

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui cara pengukuran guru mengukur
sikap tanggung jawab, mengembangkan instrumen baku/layak
mengukur sikap tanggung jawab, mengetahui indikator layak
mengukur sikap tanggung jawab, mengetahui cara menyusun butir–
butir instrument, mengetahui kebakuan instrumen, memenuhi syarat
validitas butir, reabilitas butir, validitas konkuren, dan validitas
konstrak pada pengukuran sikap tanggung jawab, megetahui sikap
tanggung jawab siswa Sekolah Dasar.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan sampel
penelitian siswa kelas IV SDN di Gugus 1 Kecamatan Cangkringan
Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik wawancara dan observasi
digunakan untuk mengetahui bagaimana guru dalam mengukur sikap
Tanggung Jawab. Prosedur pengembangan instrumen yakni dengan:
(1) model hipotesis, (2) validasi ahli, (3) revisi I, (4) uji keterbacaan,
(5) revisi II, (6) uji agak luas, (7) revisi III, (8) uji coba luas, (9)
instrumen final, (10) implementasi instrumen final sikap Tanggung
Jawb. Analisis yang dilakukan antara lain dengan: (1) validitas butir
menggunakan analisis korelasi product moment, (2) uji reliabilitas
menggunakan Alpha Cronbach, (3) validitas isi, (4) validitas
konkuren, dan (5) validitas konstruk menggunakan analisis faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru belum menggunakan
lembar pengukuran hanya menggunakan lembar pengamatan / jurnal
untuk mengukur nilai sikap Tanggung jawab, instrumen final sikap
tanggung jawab valid dan reliabel dengan 8 indikator memuat 68 butir
pernyataan terdiri 34 butir valensi dan 34 butir faktual, nilai reabilitas
sebesar 0,971 dan validitas konkuren sebesar 0,379 dan uji analisis
factor/validitas konstruk dengan nilai KMO – MSA sebesar 0,684
dan dihasilkan sikap Tanggung Jawab siswa kelas IV SD di Gugus 1
Kecamatan Cangkringan sebanyak 140 siswa dengan nilai mean
sebesar 221,96 sehingga termasuk dalam kategori sangat tinggi.

References

Abdul Majid , 2014. Penilaian Autentik Proses hasil Belajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Amurwani Rahayu, Samsi Haryanto. 2017. Pengembangan Pengukuran Instrumen Nilai KedisiplinanSiswa di SMA Negeri 2 Bantul. Jurnal Wiyata Dharma.Home > Vol 5, No 2 (2017).

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. 2000. Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offet.

Azwar, S. 2011.Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Brotowidjoyo, M. 1985. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: PT

Melton Putra.

Daryanto, Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikkan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

Dirman, Cicih Juarsih . 2014 . Seri Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Penilaian Dan Evaluasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Fadila, Agiska Nur. 2015 . Penelitian Pengembangan Instrumen Pengukuran Tingkat Kepercayaan Diri ( self Confidence ) Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Penilaian Diri, Jawa Barat, IAIN Syekh Nurjati.

Hany Kusumawati. 2018 . Udara Bersih Bagi Kesehatan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Klaten : Intan Pariwara.

Ismet Basuki, Hariyanto. 2015 . Asesmen Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Lickona,Thomas.2013. Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik . Bandung : Nusa Media (penrjemah Lita S).

Lickona,Thomas. 2015. Mendidik untuk membentuk karakter,. Bagaimana sekolah dapat mengajarkan sikap hormat dan tanggungjawab ( diterjemahkan oleh Juma abdu Wamaungo ) . Jakarta : Bumi Aksara.

Mardapi, Djemari. 2017. Pengukuran, penilaian dan evaluasipendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Mardapi, Djemari. 2018. Teknik penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes , Jogjakarta : Mitra cendekia.

Maulise, S. 2010 . Dasar-dasar Pendidikan. Jambi: Universitas Jambi.

Muhammad fadlillah , Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikkan Karakter Anak Usia Dini Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jojakarta : Ar-Ruzz Media.

Muri Yusuf, 2015 . Asesmen dan Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Premadamedia Group.

Nana Sutarna. 2018 . Pendidikkan Karakter Siswa Sekolah Dasar . Yogyakarta : Pustaka Diniyah.

Saiffudin Azwar. 2015. Sikap manusia dan pengukurannya edisi kedua. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Subur, 2015. Pembelajaran Nilai Moral berbasis kisah .Yogtakarta :Kalimedia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta Cv.

Sukiman. 2016. Buku Seri Pendidikan Orang Tua: MengembangkanTanggung Jawab, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyanto, Asep Jihad. 2013 . Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Esensi Erlangga Group.

Syofian Siregar. 2014. Statistika Deskriptif untuk Penelitian di Lengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS versi 17. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikkan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga pendidikkan. Jakarta : Kencana Media Group.

Zuriah, Nurul. 2015. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif perubahan. Jakarta : Bumi Aksara.

Published

19-09-2021

How to Cite

Ratnawati, E. (2021). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Gugus I Di Kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(2), 120–138. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/9824

Issue

Section

Artikel

Citation Check